Kabupaten Banjar Pertahankan Predikat Bumi Kindai Limpuar Kalsel

0
49 views

Meskipun didera terus menyusutnya lahan pertanian potensial di kabupaten Banjar namun daerah lumbung Padi di Kalimantan Selatan ini ,berupaya mempertahankannya dengan berbagai upaya termasuk membangun sawah baru dan membuka lahan tidur .

Bupati Banjar Khalilurrahman optimis, hasil pencetakan sawah baru dan membangun kembali lahan tidur yang hasil kerjasama Pemkab dengan TNI didukung teknologi pertanian yang mumpuni julukan Bumi Kindai Limpuar dapat dipertahankan.
Komitmen Bupati Banjar disampaikan ketika syukuran panen di Kelompok Tani Bakula Desa Tampang Awang Kecamatan Tatah Makmur, Kamis (2/8).

Acara yang dihadiri jajaran TNI Kodim 1006 Martapura jajaran Dinas TPH dan para penyuluh seluruh BPP se-kabupaten Banjar sekaligus memperingati hari jadi kabupaten Banjar yang ke 68 dan HUT Kemerdekaan RI yang ke 73 tahun 2018, diwarnai berbagai penghargaan kepada BPP teladan penyuluh teladan.

Kelompok Tani teladan atas jerih payah dalam perjuangan mempertahakan kabupaten Banjar sebagai kindai limpuar. Menurut Kepala Dinas TPH Banjar Ir HM Fachry MP mengatakan, luas tanam padi di Kabupaten Banjar musim tanam musim hujan dan musim kemarau 2018 sudah tercapai lebih dari 70 ribu hektar. “Ada kenaikan pada periode yang sama tahun sebelumnya lebih kurang 1.000 hektar. Sampai akhir Juli diperkirakan yang sudah panen mencapai 30 %,” katanya.

Keberhasilan ini tambah Fachry, berkat perhatian dari kementerian pertanian yang mendukung sarana mekanisasi berbagai jenis ke kabupaten Banjar. Sementara masih kekurangannya alat panen (combine Harvester ) mendapat bantuan pinjam pakai i 4 unit dari Dinas TPH Kalsel yang mampu memanen 10 sampai 15 hektar unit per hari.

“Panen padi di Kabupaten Banjar bukan hanya dilakukan para petani tetapi mendapat bantuan prajurit TNI Kodim 1006 Martapura untuk mempercepat waktu panen,” katanya.

Ayi Kuswana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.