Pangeran Haji Khairul Saleh Calon Anggota DPR RI ‘Perjuangkan Kemajuan Banua’

0
374 views

Pangeran Haji Khairul Saleh (sebelumnya bergelar Sultan Haji Khairul Saleh Al-Mu’tashim Billah atau Ir. Haji Gusti Khairul Saleh, MM). Beliau lahir di Tabalong, 5 Januari 1964; umur 54 tahun) adalah mantan Bupati Banjar dua periode.
Karena pengalaman serta rekam jejaknya yang mumpuni, banyak pihak berharap Pangeran Haji Khairul Saleh maju menjadi calon anggota DPR RI Kalsel.

“Kami tergerak maju menjadi calon anggota DPR RI semata-mata ingin ikut berpartisipasi dan membangun bangsa melalui DPR RI. Kami berharap generasi muda dan para tokoh banua ikut berpartisipasi bersama-sama mewarnai DPR RI guna memajukan daerah lewat pengabdian di legislatif,” katanya Sabtu (4/8).

Menurut Pangeran, dirinya melihat Kalsel dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia jauh sangat tertinggal. Apalagi dilihat jumlah anggota DPR RI yang muslim, dirinya mencermati kepentingan kaum muslim di Indonesia harus diperjuangkan dengan baik. Meski muslim mayoritas tapi mereka banyak tapi belum maksimal memikirkan kepentingan-kepentingan terkait dengan agama Islam.

“Jika dipercaya mengemban amanah, sudah barang tentu kepentingan muslim dan banua Kalsael diperjuangkan lebih maksimal,” katanya.

Pangeran Haji Khairul Saleh melihat, keberadaan SDA di Kalsel masih melimpah seperti batubara, pertanian, perkebunan sawit dan kelapa sawit harus dikembangkan demi kemakmuran rakyat.

“Saya prediksi batubara Kalsel 10 tahun bisa habis sumber jika ditambang dengan serampangan, untuk itu harus diatur. Jika tidak disiapkan dari sekarang nanti kita akan jauh tertinggal,” katanya.

Dari sektor batubara saja, lanjut Khairul, sebagai pemilik sumber daya alam batubara jika dihitung kontribusi yang diterima Kalsel hanya 2 persen dari royalti yang dizetorkan kepada negara. Sehingga kalau untuk membangun daerah infrastruktur, kesehatan , sumber daya manusia masih jauh.

“Persoalan lingkungan dan pertanian serta kontribusi daerah harus diterima maksimal. Kami nanti akan bersama-sama dengan anggota DPR lainnya untuk mendukung Kalsel menjadi daerah yang maju dan sejajar dengan daerah lain di Indonesia,” katanya.

Pangeran Haji Khairul Saleh memiliki satu istri yaitu Dra. Hj. Raudhatul Jannah, M.Si dan dua orang anak, laki-laki satu orang dan perempuan satu orang yaitu Gusti Dhia Hidayat dan Gusti Dhia Karima.
Pendidikan

SD : SD Telaga Biru Banjarmasin (1976)
SLTP : ST Negeri Banjarmasin / SMPN (1979)
SLTA : STMN Banjarmasin, Banjarmasin (1982)
S1 : Sarjana Fakultas Teknis UNLAM, Banjarmasin (1989)
S2 : Pasca Sarjana STIE IPWI, Jakarta (1998)

Pekerjaan/Jabatan

Project Manager, Urban Roads Sector
Wakil Kepala Dinas Kimprasko Banjarmasin
Dinas PU Kota madya Banjarmasin
Kepala Dinas Kimprasko Banjarmasin
Dinas Pemukiman & Prasarana Kota Banjarmasin
Bupati Banjar 2005-2010 dan 2010-2015

idayusnita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here