Disdikbud Kalsel Kerahkan 5 Ribu Siswa SMA dan SMK Tanam Padi di Desa Jejangkit

0
3

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel mengerahkan 5 ribu murid tingkat SMA dan SMK yang ada di Kota Banjarmasin dan Batola untuk menanam padi bersama Sabtu pagi (22/9) mulai pukul 08.00 WITA sampai selesai. Partisipasi siswa SMA, SMK mendukung hari pangan sedunia, akan bergerak 5000 siswa berpartisipasi menanam padi rinciannya 3000 siswa SMA dan 2000 siswa SMK.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan M Yusuf Effendi, bahwa aksi 5 ribu siswa menanam padi akan dicatat pada Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai aksi siswa sekolah terbanyak di dunia menanam padi secara bersama-sama di lahan pertanian.

“ Pada acara tersebut selain aksi siswa menanam padi, Disdikbud Kalsel juga akan menggelar lomba fotografi oleh siswa dengan latar aksi menanam padi untuk banua,” kata Yusuf.

Yusuf mengatakan, guna menunjang kesuksesan acara, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak sekolah. Bahkan pihak sekolah menyiapkan umbul-umbul, serta spanduk masing-masing sekolah. Tiap sekolah juga akan memasang bendera. Dengan gerakkan tanam padi dengan melibatkan siswa sekolah diharapkan memberikan pembelajaran sejak dini agar siswa juga bisa bertanam padi.

“Agar memperlancar prosesi acara, tempat parkir para undangan dan masyarakat yang ingin melihat juga sudah disiapkan. Karena melibatkan banyak orang faktor keamanan juga diprioritaskan termasuk toilet umum,” jelasnya.

Ditambahkan Yusuf, sebelumnya aksi tanam padi juga dilakukan kalangan perbankan, juga instansi di lingkup Pemprov Kalsel demi menunjang pertanian. Demi mendukung pelaksanaan Hari Pangan Sedunia 2018. Puncak peringatan HPS nasional akan dipusatkan di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala pada 18 Oktober 2018.

ida/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here