Dolar AS Naik Hampir Rp14.800

0
33 views

JAKARTA – Pergerakan dolar Amerika Serikat (AS) hingga siang ini terus agresif. Nilai tukar dolar AS terhadap rupiah siang ini parkir di angka Rp14.725.

Dikutip dari perdagangan Reuters, Jumat (31/8/2018), dolar AS hingga bergerak di level Rp14.695 hingga Rp14.799. Dari grafik yang ditampilkan, pergerakan dolar AS sepanjang pekan ini tampak cukup agresif dengan posisi support di angka Rp14.568.

Rupiah sendiri tak melemah sendirian. Mata uang negara lain seperti euro, poundsterling, swiss franc hingga china yuan renminbi juga mengalami tekanan

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara sendiri memandang pelemahan rupiah saat ini merupakan sesuatu yang wajar. Menurutnya kondisi ekonomi dalam negeri masih cukup kuat menahan gejolak yang datang dari luar.

“Di Indonesia ini melihat rupiah melemah seperti suatu yang negatif padahal di negara lain juga melemah, tenang-tenang saja mereka jadi tidak menjadi masalah harusnya,” katanya.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan terus memantau nilai tukar dan mewaspadainya.

“Ya kita akan terus awasi dan waspadai (penguatan dolar AS),” kata Sri Mulyani ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (31/8/2018).

detik/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.