Kelompok Wanita Tani Mekarsari Panen Sayur

0
106 views

Sadar akan manfaat budidaya sayur mayur yang aman konsumsi atau bebas dari bahan-bahan kimia, kaum wanita yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari, yang dikawal Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kabupaten Banjar, terus dikembangkan dan mewabah ke rumah tangga rumah tangga baik anggota kelompok maupun yang belum menjadi anggota kelompok KWT.

Fakta lapangan yang dirilis Dinas Ketahana Pangan (DKP), akhir-akhir ini seperti yang dikelola KWT Mekar Sari desa Indrasari kecamatan Martapura Kota saat memanen kasil karya ibu-ibu masyarakat setempat. Sayur mayur yang dibudidayakan KWT Mekar Sari adalah yang dibutuhkan para ibu rumah tangga sehari-hari seperti bayam, sawi,gambas, kemangi, bumbu-bumbuan termasuk tanaman biofarmaka (bahan obat-obatan herbal).

Petugas pendamping desa/KRPL- KWT kabupaten Banjar Sudarto Spi, yang getol melakukan kunjungan secara bergiliran bersama Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Ir Agus Sarif, kelokasi- lokasi KRPL di 5 desa program KRPL 2018. Hasil panen selain untuk konsumsi internal kelompok juga dijual ke masyarakat yang memebutuhkan dengan harga bersaing dan lumayan laris karena sayur produksi KRPL tanpa kimia sehingga bila dikonsumsi aman tidak mengandung residu kimia.

Para anggota KWT pengelola KRPL di 5 desa cara pengelolaannya sejalan dengan anjuran Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar Eddy Hasby, yakni mulai pembibitan sampai pemasaran termasuk pemasaran Panen/Petik Jual (PJ) atau bentuk Petik Olah Jual (POJ) yang diolah makanan seperti Juisse, Risoless, krispi, jamu sehat dan lain-lain.

Sadar akan kondisi pasar yang selalu pluktuasi dan rupiah terus merosot terhadap Dolar Amerika Serikat, ibu-ibu Rumah Tangga semakin bersemangat dalam memanfaatkan halaman rumah dengan tanaman sayur mayur, termasuk yang sering menjadi masalah pasar adalah tanaman cabai baik cabai merah maupun cabai rawit sebagai kebutuhan utama sehari-hari.

Menurut Sudarto, usai panen sayur didesa Indrasari baru-baru tadi, hasil panen warga KWT dikebun KRPL cukup membantu ibu-ibu rumah tangga, paling tidak dapat mengurangi uang belanja rutin, karena sebagian kebutuhan konsumsi sudah ada di lingkungan rumah masing-masing.

Ayi Kuswana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here