KRPL Penyedia Pangan Aman Konsumsi

0
52 views

Kepala Badan Ketahanan Pangan DR Ir Agung Hendriadi Mangister Enginering (M.Eng) saat berkunjung ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Harum Bunga Desa Labuan Tabu Martapura kabupaten Banjar menganjurkan, agar para pengelola Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) benar-benar berkelanjutkan sehingga dirasakan manfaatnya.

Kunjungan bersama Kepala Pusat Penganekaragaman (diversifikasi) Konsumsi dan Keamanan Pangan Kementerian Pertanian Ir Tri Agustin Satriani MM, bahwa tujuan utama KRPL adalah menyediakan pangan bergizi dan aman dari residu residu kimia. Hanya tinggal memilih jenis sayur mayur yang disukai sehingga menciptakan keluarga sehat dan kuat tidak tergantung pada pasar.

KRPL berkesinambungan (mandiri ) bukan hanya terfokus di kebun bersama tetapi harus dibudayakan disetiap halaman rumah penduduk disekitarnya, sehingga pemerataan keperluan keluarga bisa merata dan minimal ada 100 polibag/pot tanaman sayuran disetiap keluarga.

“Selain dapat meminimalisir uang belanja sehari-hari, juga membudayakan biasa makan sayur yang bergizi demi kesehatan keluarga. Apabila sudah mencukupi kebutuhan keluarga, akhirnya,” tegas Agung Hendriadi.

Menyinggung kondisi KRPL/KWT Harum Bunga didesa penghasil bunga Melati dan bunga Kenanga terbesar dikabupaten Banjar itu, perlu pemolaan lahan sistem jalur dengan pengelompokan jenis sayuran agar terlihat rapi dan menarik. Hal itu seperti dikatakan Kapus diversifikasi dan keamanan pangan Tri Agustin Satriani, dalam dialog dengan peserta perwakilan 5 KWT yang menerima bantuan pemerintah pusat di kabupaten Banjar.

Menyikapi itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Eddy Hasby, telah menyiapkan pemolaan lokasi bahkan, akan ada penambahan komoditas selain sayur mayur yakni peternakan, gudang dan rencana kedepan pasar tani. mengingat lokasinya strategis dipinggir jalan raya dan lintasan obyek wisata. Kunjungan Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Kapus diversifikasi dan keamanan pangan Kementan, Kamis (27/9/ 2018) sekaligus mengukuhkan Ir Elly Listiany MP (Dosen Fakultas Pertanian ULM) sebagai Pembina KWT di kabupaten Banjar.

Ayi Kuswana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here