Muhammadiyah Kalsel Akan Tanam Seribu Bibit Pohon Mangrove

0
146 views

Muhammadiyah Kalsel selama ini sudah memiliki komitmen sejak awal didirikan untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup, disamping amal usaha perjuangan lainnya dibidang sosial dan budaya. Muhammadiyah unsurnya sudah sangat lengkap.

“Muhammadiyah selama ini komitmen untuk melestarikan lingkungan hidup di Kalimantan Selatan, salah satu bentuk kongkretnya adalah dengan meluncurkan program sedekah sampah,” kata salah satu tokoh Muhammadiyah Zulfa Asma Vikra didampingi Ketua Muhammadiyah Kalsel Tajudin Noor, disela acara Rapat Kerja wilayah (Rakerwil) Majelis Lingkungan Hidup Muhammadiyah, di Hotel Pesona, Sabtu (15/9/2018).

Kata Zulfa, selama ini program sedekah sampah sudah dilakukan dengan konsentrasi Yayasan Pendidikan milik Muhammadiyah, termasuk Pondok Pesantren Al Furqon untuk melaksanakan program sedekah sampah. Pengurus Muhammadiyah menggandeng Sahabat Bekantan untuk penanaman Mangrove. ” Sahabat Bekantan bersama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalsel menanam seribu bibit mangrove,” katanya.

Rakerwil Majelis Lingkungan Hidup Muhammadiyah sebagai ajang urun rembuk pelestarian lingkungan, pengelolaan sampah, dan juga menyikapi bagaimana kondisi lingkunann di Kalsel. Kegiatan dengan tema perwujudan kesadaran, kepedulian dan perilaku ramah lingkungan warga Muhammadiyah dan masyarakat menuju Kalimantan Selatan berkemajuan.

“Muhammadiyah ingin mempelopori pelestarian lingkungan di Kalsel. “Sampah, jika diolah dengan benar, bisa menghasilkan uang dan bisa menjadi gerakan sedekah. Tentunya akan bermanfaat, apalagi yang disasar adalah kalangan pelajar, mulai dari SD hingga SMA,” katanya.

Acara Penandatanganan MoU antara Majelis Lingkungan Hidup PWM Kalsel dengan Ponpes Modern Alfurqan mengenai program shodaqoh sampah dan Majelis Lingkungan Hidup PWM Kalsel dengan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia dalam program penanaman mangrove rambai.

Dialog Nasional Pengelolaan Lingkungan Hiidup Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Kalsel antara lain bertema Perwujudan Kesadaran Kepedulian Dan Ramah Lingkungan Menuju Kalimantan Selatan berkemajuan oleh Prof Dr Ir Muhidin Mawardi M Eng dari Ketua MLH PP Muhammadiyah, Ahmad Jabbar SH MH dari Pimpinan CSR Pertamina, Dr H Juanda Zuraini SKM M Kes dari Pakar Perilaku Kesehatan Lingkungan dengan moderator Masrudi Muchtar SH MH.

Dialog Nasional kedua bertemakan Tanggung Jawab Pelestarian Lingkungan oleh Dr Gatot Supangkat MP dari Sekretaris MLH PP Muhammadiyah, Zulfa Asma SH MH dari Ketua MLH PWM Kalsel dan moderator Dr Afiah Hayati SP MP.

Ida/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here