Kajiterap Dilahan Cetak Sawah Baru

0
68 views

Lahan cetak sawah baru seluas 104 hektar didesa Keliling Benteng Ilir kecamatan Sungai Tabuk kabupaten Banjar yang direalisasikan tahun 2017, tahun ini mulai digarap petani.

Penyuluh pertanian BPP.Sungai Tabuk Muksin yang membina Kelompok Tani Membangun saat acara Farmer Field Day atau Hari Lapang petani selepas panen, Selasa (16/10/2018), diisi materi penerapan teknologi pertanian lahan lebak tadah hujan atau biasa disebut “Bera”.

Muksin seorang petugas THL.piawai dalam mengarahkan, petani melalui Kajiterap. Kajiterap adalah segambar dengan percontohan namun tidak full saprodi. Petani diperkenalkan dengan teknologi sederhana hemat biaya dan tenaga dilahan surjan.

“Lahan surjan adalah sawah berpematang tinggi dan lebar dengan budidaya padi dan palawija atau hortikultura.Kombinasi tanaman yang sudah diterapkan dilahan surjan sangat cocok karena hasilnya bisa mengarah ke Indek pertanaman 200 yakni tidak hanya mengandalkan hasil padi tetapi dari palawija,” jelas Muksin.

Tambah Muksin lagi, untuk menghemat biaya dan tenaga BPP.Sungai Tabuk telah merancang bangun alat tanam sederhana yang diberi nama ATGJ. Alat Tanam Gogorancah Jajar legowo. Sementara bududaya horti dipematatang sawah menggunakan mulsa.

Muksin mengatakan, perbandingan ekonomisnya tanam manual dengan ATGJ adalah 1:17 artinya cara tanam menggunakan ATGJ bisa selesai 1 hari dengan upah Rp100.000 sedangkan tanam manual jauh lebih mahal yakni kemampuan tanam /orang sehari 2 borongan/ 65 meter persegi. Satu hektar dikerjakan 17 orang dengan upah sekitar Rp1750.000.

“Pola tanam budidaya horti/sayuran sistem mulsa hanya Rp500.000 harga satu roll mulsa bertahan 2 kali tanam dan tidak ada dana penyiangan dan penyiraman dikala kemarau.Tenaganya untuk pemupukan saja,” katanya.

Pembicara lain masalah teknologi adalah Kepala BPP Sei Tabuk H Yajidi, Joko, Rojali dari dinas TPH Banjar. Selain Itu disampaikan pula informasi masalah peternakan dari dinas peternakan dan perkebunan kabupaten Banjar.

Ayi Kuswana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.