Kominfo Gelar Editors Forum Diskusi Media Bermartabat untuk Pemilu Berkualitas

0
45 views

Menyongsong Pemilu 2019 pileg dan pilpres Kominfo menggelar diskusi Editors Forum dengan tema Media Bermartabat untuk Pemilu Berkualitas yang digelar di Mercure Hotel, Selasa (16/10).

Kegiatan dihadiri Dirjen Kominfo Rosita Niken Widyastuti, Asisten Bidang Umum Pemprov Kalsel Heriansyah, Itwasda Polda Kalsel, pejabat Korem 101/Antasari, Danlanal Banjarmasin, Ketua Bawaslu Kalsel, Ketua PWI Kalsel, tokoh pers Kalsel Gt Rusdy Effendi, serta Pemimpin Redaksi media cetak dan elektronik di Kota Banjarmasin.

Dalam kata sambutannya Asisten Pembangunan Pemprov Kalsel Heriansyah menyambut baik kegiatan ini. “Pemilu 2019 harus berjalan dengan baik sesuai cara demokrasi yang benar. Untuk itu Pesta demokrasi lima tahunan bisa berjalan sesuai cara dan nilai Pancasila. Beda pilihan jangan sampai memecah belah kerukunan,” katanya.

Sementara Dirjen Kominfo RI Rosita Niken berharap, peran media diharapkan ikut berkontribusi untuk memberitakan pelaksanaan pemilu yang damai lewat pemberitaanya di media masing-masing. Dengan kesantunan bermedia yang bertanggung jawab menyajikan berita yang berimbang. “Media harus santun dan ikut mengedepankan etika dan tak memihak,” katanya.

Dikatakan dia, gelar Pemilu 2019 ini harus diselenggarakan dengan gembira, sebab ini sebuah pesta, yang harus semua bergembira didalamnya.

Menurut dia, dalam membuat gelaran pesta demokrasi ini untuk bisa damai, maka peran media massa sangat penting terlibat didalamnya, yakni, menyebarkan informasi yang menyejukkan.

“Jadi kita harap media massa bisa menginformasi hal-hal yang sudah terverifikasi, tidak menjadi berita bohong,” ujarnya.
Sebab, kata dia, saat ini dengan kemajuan teknologi di era digital ini, semua orang bisa menjadi pemilik media, khususnya di media sosial.

“Produk dari media sosial ini yang luar biasa gencarnya saat ini, bahkan terkesan suka-suka memberikan informasi yang tidak kuat validitasnya,” tutur Rosarita.

Karenanya, kata dia, media mainstream harus bisa memilah informasi yang benar dari media sosial tersebut sebelum diambil dan disebar luaskan. “Ini kita harapkan juga media massa di Kalsel untuk bisa meluruskan informasi yang tersebar di media sosial,” ucapnya.

Salah satu nara sumber pada kegiatan ini Ninok Leksono berharap jika memang media mesti mendukung salah satu pasangan calon pilpres atau pileg. “Jika memang media ingin memberitakan salah satu calon kandidat harus total dan tak perlu memberitakan pihak lain. Ini bentuk totalitas dan tak setengah-tengah. Jika memang harus menyajikan Jokowi atau Prabowo meski dilakukan secara seimbang dan tak pilih kasih,” katanya.

Dalam gelar deklarasi Pemilu damai insan media massa di Kalsel ini turut hadir para narasumber Koordinator Kaukus Media dan Pemilu Agus Sudibyo, Rektor Universitas Multimedia Nusantara Ninok Leksono dan Pimred Arah.com Nurjaman Muchtar.

Ketua PWI Kalsel Zainal Hilmi menyatakan, insan pers di Kalsel secara tekad akan ikut memberikan kedamaian dan kesejukan pada Pemilu 2019 ini. “Kita harap semua media dapat menjunjung kometmen ini,” tegasnya.

rel/yus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.