Lihat Rekam Jejak Caleg Lewat Situs Silon

0
21 views

Ketua KPU Kalsel Edy Ariansyah mengatakan, masyarakat yang ingin melihat data dan rekam jejak para caleg bisa melihat di situs sistem informasi calon (silon) yang dikeluarkan KPU RI.

“KPU akan mempublikasikan semua caleg. Pengumumannya terintegrasi di info pemilu yang dikeluarkan KPU RI,” katanya, Sabtu (29/9).

Kata Edy, soal data caleh memang dikembalikan lagi kepada caleg mau tidaknya. “Kemarin saat silon (sistem informasi calon) ada yang bersedia dipublikasikan dan ada yang tidak. Ada sebagian bersedia, dan ada sebagian tidak mengisi formulir tersebut,” ucapnya.

“Fungsinya minimal sosialisasi bentuk pemilih kepada masyarakat untuk calon-calon terkait personality dari caleg bersangkutan,” imbuhnya.

Melalui silon masyarakat bisa mengakses calon-calon anggota DPR, DPD, dan DPRD, dari partai politik mana, ijazah, dan riwayat hidup.

Saat mendaftarkan diri sebagai bacaleg, yang bersangkutan wajib menyerahkan sejumlah dokumen persyaratan calon termasuk bagi mantan narapidana korupsi.

Dokumen persyaratan calon di antaranya seperti surat pernyataan yang menyatakan pernah menjalani tindak pidana dari pengadilan, Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat keterangan dari kepala lembaga pemasyarakatan

Rel/bp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here