UPJA Berkat Bersama Terima Alsintan

0
3

BANJAR – Setelah menanti lama ingin memeiliki alat dan mesin pertanian lengkap, masyarakat tani desa Sungai Pinang Baru kecamatan Sungai Tabuk kabupaten Banjar akhirnya kesampaian tahun 2018 ini.

Alsintan yang dimiliki Unit Pengelolaan Jasa Alsintan (UPJA) Berkat Bersama ada 6 jenis,yakni traktor tangan 4 unit, mesin pompa air 1 unit dan combine harvester tomcat 1 unit.

Kepala BPP Sungai Tabuk ketika ber- silaturahmi ke KT.Berkat Bersama desa Sei.Pinang Baru bersama para penyuluh saat menyerahkan traktor tangan, Kamis (6/12/2018) mengatakan, Alsintan harus berkembang dan UPJA harus mandiri. Pemerintah tidak selalu memenuhi permintaan petani tanpa ada pengembangnnya.

“Untuk itu UPJA harus berupaya, bagaimana solusinya agar Alsintan bisa bertambah dengan usaha mandiri,” ucapnya.

Pada acara tersebut berhasil memfinalkan rembukan usaha dengan sistem menyewakan Alsintan berdasarkan kesepakatan kelompok Desa Sungai Pinang Baru mempunyai lahan potensial untuk tanaman padi seluas 700 hektar.

Kedepan petani desa yang terletak disodetan kanal batas wilayah kabupaten Banjar dan Barito Kuala tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraannya dari usaha tani dengan pola modern . Demikian harapan petani yang selama ini masih membuka lahan sistem manual karena keterbatasan peralatan modern sekian lama.

Ayi Kuswana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here