Alternatif Pencegahan Berkembangbiak Nyamuk Aedes aegypti

0
26 views

BANJARMASIN – Fogging atau pengasapan menggunakan pestisida murni bukan solusi yang tepat untuk mencegah DBD karena hanya efektif membunuh nyamuk dewasa, tidak jentiknya.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Dwi Atmi Susilastuti, ketika usai melaksanakan rapat dengan DPRD Kota Banjarmasin, Rabu (6/2/2019). Meningkatnya curah hujan sejak awal tahun dengan peningkatan jumlah penderita Demam Berdarah Dengue alias DBD, sehingga banyak masyarakat menginginkan dilakukannya fogging.

“Fogging bukan solusi untuk mengatasi DBD, karena hanya nyamuk dewasa yang mati, tetapi jentiknya tidak. Dalam waktu singkat, jentik itu jadi nyamuk dewasa dan berkembang biak lagi. Karena itu fogging bukan solusi,” ungkapnya.

Dwi mengatakan, solusi terbaik adalah rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal dari genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk. Kesadaran membersihkan lingkungan itu harus dimulai dari rumah tangga seperti dengan rutin membersihkan bak air.
“Jika ada anggota keluarga yang terkena demam tinggi, segera dibawa berobat jangan hanya dibiarkan,” jelasnya.

Berdasarkan Data Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, jumlah penderita DBD pada Januari 2019 ini tercatat, 7 kasus DB dan 95 kasus DBD Dengue, dan 1 orang fasien meninggal dunia. Jumlah penderita Januari tahun lalu sebanyak 4 kasus, dan terjadi kenaikan untuk januari 2019 ini.

Dinas Kesehatan mendorong masyarakat untuk aktif dalam membersihkan lingkungan tempat tinggal dan membasmi jentik nyamuk. DBD memang meningkat tajam saat musim penghujanj, sebab nyamuk Aedes aegypti yang menularkan penyakit ini berkembang biak dengan subur di musim ini.

Dwi memaparkan, pada dasarnya nyamuk sudah ada sejak musim kemarau. Tapi jumlahnya masih sedikit, karena saat kemarau mereka tidak menemukan wadah untuk menetaskan jentik-jentik. Sedangkan saat musim hujan banyak genangan sehingga mereka dapat menetaskan telurnya dengan mudah.

Ida/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here