Kakanwil Kemenkumham Kalsel Kenalkan Orta Kanwil Kepada 57 CPNS

0
107 views

BANJARMASIN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Ferdinand Siagian.Kamis (07/02) bertempat di aula Kantor Wilayah memberikan motivasi dan materi tentang Pengenalan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah Beserta Tugas dan Fungsinya kepada 57 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018 pada kegiatan Orientasi I di hari Ke-4.

Pembentukan aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, telah diawali dengan proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil yang dilaksanakan melalui proses yang sangat kompetitif, transparan dan akuntabel dengan dukungan sistem teknologi informasi. Selanjutnya untuk membentuk aparatur sipil negara yang berintegritas dan profesional perlu dilakukan pembinaan yang berkelanjutan sejak calon pegawai tersebut melaksanakan tugas jabatannya yang diawali dengan pelaksanaan kegiatan orientasi bagi CPNS.

”Seorang pegawai harus memiliki pendidikan yang tinggi atau terus sekolah mengingat karir akan sejalan dengan tingkat pendidikan, selain itu juga memberikan contoh kepada anak dan keluarga kita untuk bisa lebih dalam hal pendidika karena ilmu yang kita miliki akan mendukung kinerja kita di organisasi,” pesan Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian.

Sistem rekrutmen yang sangat baik, haruslah diikuti dengan pembinaan yang berkelanjutan guna terwujudnya pegawai yang profesional dan berintegritas, yang diantaranya pemberian orientasi pembekalan saat pertama kali melaksanakan tugas. Buku Panduan ini disusun untuk menjadi pedoman dalam penyelenggaraan orientasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2018, dengan harapan dapat memberikan bekal dengan standar yang sama bagi seluruh CPNS Kementerian Hukum dan HAM dalam mengawali kariernya menjadi pegawai Kemenkumham yang PASTI.

Dalam rangka pelaksanaan cita-cita bangsa dan mewujudkan tujuan negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, perlu dibangun aparatur sipil negara yang memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Adapun Maksud penyelenggaraan orientasi CPNS adalah memberikan pembekalan terkait pengenalan organisasi, tugas dan fungsi Kemenkumham dan membentuk karakter CPNS yang disiplin dan berintegritas sehingga mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang Kemenkumham dengan bertujuan dari kegiatan membentuk sumber daya manusia yang memiliki integritas, etika, moral dan profesional dalam melaksanakan tugasnya. yang menjadi tema dalam penyelenggaran orientasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2019 adalah “Orientasi Tunas Muda Pengayoman PASTI always the best”.

Sementara itu dalam meterinya Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian menjelaskan tentang organisasi dan tata kerja sebagimana Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 30 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Wilayah yang merupakan perubahan dari Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 28 Tahun 2004 selain itu dalam paparaannya Kakanwil juga mejelaskan tentang Organisasasi dan Tata Kerja Kemenkumham.

rel/inf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here