107 Pedagang Pasar Terapung Lok Baintan Dapat Jukung Gratis Paman Birin

0
23 views

Martapura– Para pedagang Pasar Terapung Desa Lok Baintan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar mendapat jukung gratis dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Sebanyak 107 jukung untuk para pedagang pasar Terapung Lok Baintan, merupakan upaya Pemprov Kalsel dalam upaya meningkatkan pariwisata di Kalsel. Kemana saja saya pergi, orang mengenal Kalsel selalu dari pasar terapung. Jadi kalau bicara pariwisata yang pertama di Kalsel adalah Pasar Terapung” katanya Minggu (3/3).

Kata Sahbirin, meski saat ini sudah era teknologi bukan berarti budaya berdagang di air ditinggalkan. “ Ini juga salah satu upaya kita menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada sejak nenek moyang kita” kata paman Birin sapaan akrab gubernur ini.

Dengan adanya bantuan ini kata Paman Birin sapaan akrab gubernur gaul ini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para pedagang. “ Harapan kami, pariwisata meningkat, perekonomian para pedagang juga turut meningkat” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Danial Kifli mengungkapkan, pemberian jukung ini merupakan peremajaan bagi para pedagang. “ Banyak jukung meraka yang sudah rusak, ini adalah peremanajaan bagi para pedagang” terangnya.

Selain itu, dengan adanya pemberian jukung ini, sambung Kifli nantinya jukung para pedagang menjadi seragam tidak seperti sekarang berbagai macam bentuk.

“ Bagian muka akan berbeda dengan jukung yang selama ini dipakai para pedagang, ada atapnya yang nantinya akan dicat berwarna-warni sehingga menarik bagi para wisatawan” ucapnya.

Diungkapkannya, 107 jukung ini adalah tahap pertama, nantinya pihaknya akan menyerahkan lagi untuk desa lain. “Ada 7 desa yang akan kita beri bantuan” katanya.

rel/nik

.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here