Anak Yang Berbakti Pada Orang Tua Cerminan Pengamalan Pancasila Dalam Lingkup Kekuaraga

0
45 views

Martapura – Cerminan pengamalan Pancasila dalam masyarakat dapat di lihat dari lingkungan yang sangat kecil yakni Kekuaraga.”Keluarga yang mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila dapat terlihat dari sikap dan keluarga,yang sopan,santun dan anak anak yang berbakti kepada orang tuanya”,kata Anggota MPR RI Antung Fatmawati saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bersama masyarakat Desa Tanjung Rema, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,Sabtu (16/3/2019).

Menurutnya Negara kita yang majemuk merupakan masyarakat yang multikultural. Berbagai suku, golongan, agama, dan dan ras menjadikan negara ini sebagai negara yang kaya akan budaya dan keberagaman. Hal inilah yang menjadikan nilai khusus bagi negara kita yang tidak dimiliki oleh negara lain. Keberagaman bukan membuat kita terpecah belah, justru melainkan menjadikan negara ini sebagai negara yang bersatu kuat diatas perbedaan – perbedaan tersebut.

Namun pada kenyatannya masih banyak terdapat segelintir pihak yang tidak mau menghormati sau sama lain. Apalagi menghormati orang – orang yang berbeda agama, ras, dan suku. Rasa kebencian, permusuhan, dan intoleransi mencuat ketika rasa tengang rasa sudah pudar dan tidak ada artinya lagi sama sekali. Perlu diingat, tidak ada satu manusia pun terlahir dengan keadaan membenci. Semua manusia dilahirkan ke muka bumi dalam keadaan suci tanpa ada perasaan benci ataupun memusuhi. Hal negatif timBul karena diajarkan oleh manusia – manusia pendahulunya.

“Jadi pada intinya, setiap anak yang baru lahir hingga dia berakal tidak memiliki rasa benci terhadap perbedaan. Inilah yang menjembatani hal penting yaitu pentingnya pendidikan pancasila sejak dini. Oleh setiap individu umumnya, dan oleh orang tua dan guru khususnya. Kita telah mendapatkan pendidikan yang cukup semenjak sekolah dasar mengenai pancasila dan kewarganegaraan”,Kata Antung Fatmawati.

“Bagi setiap orangtua mungkin akan sangat penting dan sadar bahwa menanamkan nilai – nlai luhur pancasila pada anak sejak kecil,agar kelak tercipta generasi muda penerus yang memiliki keperibadian luhur”,pungkas Antung Fatmawati.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here