Bank Kalsel Salurkan Dana KUR Rp300 Miliar Bagi UKM

0
27 views

BANJARMASIN – Bank Kalsel siap mendukung program yang ada dipemerintah Provinsi Kalsel termasuk peningkatan kesejahteran UKM, petani, peternakan, perkebunan dan lainnya.

Menurut Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin, sangat menyambut positif gagasan komisi II DPRD Kalsel, untuk meningkatkan peran ekonomi UKM terutama memacu para petani, peternak agar bisa meningkat perekonomian, tetapi bisa lebih mandiri, dihargai dan sejahtera.

“Tahun 2019 ini Bank Kalsel menyiapkan dana KUR sebesar Rp300 Miliar yang disalurkan untuk UKM dan petani perorangan dengan pola konvensional sebesar Rp250 Miliar dan Rp50 Miliar secara syariah,” ungkap Agus usai pertemuan segi empat bersama Bank Kalsel, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Koperasi dan Komisi II DPRD Kalsel, Selasa (12/3/2019).

“Bank Kalsel siap mendukung semua program pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan UKM, petani dan peternak,” katanya.

Ditempat yang sama Kepada Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Provinsi Kalsel, Ir Suparmi mengatakan, modal ini menjadi hal utama, untuk meningkatkan pendapatan petani kita perlu dukungan modal. Bagi petani karet di Kalsel, jadi salah satu kendala yang harus diatasi dalam meningkatkan pendapatan petani.

“Pasalnya, kekuatan modal menjadi hal utama dalam menopang usaha petani karet disamping intensifikasi dan penguatan unit pengolahan dan pemasaran bokar (UPPB) yang kini terus didukung dan dikembangkan,” terangnya.

Dikatakan Suparmi, perputaran dana di setiap UPPB tergolong cukup besar. Salah satunya di UPPB di Tanah Laut dengan perputaran uang mencapai Rp500 juta rupiah per minggu dan dalam satu bulan berjumlah Rp 2 miliar rupiah. Begitu pula pada UPPB yang lainnya, bisa mencapai Rp30 hingga Rp200 juta perminggu.

“Saat ini ada 109 UPPB Kalsel, dengan 57 unit eksis, dan 50 unit sudah bermitra langsung industri pengolahan karet di Kalsel. Sebab UPPB yang tidak punya modal maka akan sulit untuk menahan atau menyetok karet hasil panennya,” ujarnya.

Jadi jika modalnya cukup tambah Suparmi, tentu 109 UPBB bisa meningkatkan kesejahteraannya. Bank Kalsel yang merupakan bank daerah Provinsi Kalsel agar bisa mengambil peran terutama dalam penyaluran KUR, sehingga para petani akan terbantu.

rel/Ida/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here