Bawaslu Akan Kembali Tertibkan APK

0
14 views

BANJARMASIN – Setelah penertiban pertama dan kedua alat peraga kampanye (APK) berlalu beberapa waktu lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin bersama jajarannya Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan, medio Maret 2019 ini kembali akan melakukan penertiban.

Pasalnya, ujar Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, H Muhammad Yasar Lc, masih banyak APK yang penempatannya melanggar aturan.

“Tentu rute penertiban akan kita beda dengan rute sebelumnya,” ujar Yasar, saat memberikan sambutan pada Rakor Pengawasan Tahapan Pemilu 2019, Jumat (8/3/2019) di Banjarmasin.

Menurut Yasar, pada penertiban kedua yang lalu, ada 850-an APK yang ditertibkan, baik milik caleg dari parpol maupun calon anggota DPD dan paslon Presiden dan Wapres.

Pada penertiban kedua pun, pemicunya demikian. Sebagaimana dikatakan komisioner Bawaslu Banjarmasin, Munawar Khalil, banyak APK yang pemasangannya menyalahi atau melanggar aturan.

“Masih ada saja yang memajang baleho atau spanduk di atas sungai, di tiang listrik/telepon, memaku atau mengikat ke pohon, serta asal pajang, hingga di taman, sehingga merusak estetika kota,” ujar Munawar yang juga Ketua Divisi Hukum pada Bawaslu Kota Banjarmasin tersebut, Selasa (5/3/2019) di sela aksi penertiban.

Dia mengatakan, sebelum melakukan penertiban, pihaknya sudah mensosialisasikan aturan-aturan kampanye pemilu terkait metode penyebaran APK.
“Sebelum melakukan penertiban, kami sudah menyurati para peserta pemilu, mengimbau mereka agar menurunkan sendiri APK-nya yang melanggar aturan,” katanya.

Penertihan dilakukan dengan tim yang melibatkan kepolisian, Satpol PP, dan Badan Kesbangpol Banjarmasin.
Sebelum melakukan penertiban, Bawaslu Kota Banjarmasin beserta jajarannya mengikuti Apel Gabungan Aksi Penertiban APK di halaman Balai Kota yang dipimpin Wakil Wali Kota, Hermansyah dengan inspektur upacara Ketua Bawaslu Banjarmasin, H Muhammad Yasar Lc.

Menurut Hermansyah, banyaknya pelanggaran Pemilu Serentak, khususnya dalam hal pemasangan APK yang tak berizin dan sembarangan meletakkan pada lokasi-lokasi, maka melalui penertiban ini, pihaknya mengharapkan dapat mengurangi pelanggaran Pemilu 2019.

Padahal penertiban berlangsung lancar. Masing-masing Panwaslu Kecamatan bergerak ke wilayahnya didampingi Satpol PP dan kepolisian, serta komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin, HM Yasar, Rahmadiansyah, Subhani, Munawar Khalil, dan Mastawan, sesuai masing-masing wilayah korwil.

Bagi yang merasa APK dimaksud sebagai pemiliknya, pihak Panwaslu Kecamatan mempersilakan mengambil ke Sekretariat Panwaslu Kecamatan.

rel/yus/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here