Budaya Demokrasi Indonesia Masih Belum Dewasa

0
5 views

Banjarmasin – Salah satu indikatornya budaya demokrasi di Indonesia masih belum dewasa adalah intoleransi kebebasan berpendapat saat ini tidak diikuti dengan rasa saling menghargai terhadap sebuah perbedaan,kata Anggita MPR RI Sofwat Hadi di hadapan anggota dan Pengurus Wilayah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin,Kamis (28/3/2019).

Perbedaan berpendapat justru malah menjadi bahan olok-olok atau bullying terlebih akhir akhir ini menjelang Pemilu 2019 yang sedang berlangsung saat ini. Perbedaan justru menimbulkan saling cela dan saling menjatuhkan atau bahkan muncul berita bohong atau hoax dengan tujuan menjatuhkan lawan kontestasinya,kata Anggota DPD RI Dapil Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurutnya Informasi yang beredar di publik seharusnya menyangkut kepentingan umum/ publik,yang beredar harus substantif dan ada keragaman informasi. Karena tanpa keragaman demokrasi akan hilang.

Dalam konteks Pemilu, informasi yang subtantif mengenai program maupun visi dan misi dari masing-masing calon belum muncul. Oleh karena itu hal ini harus ditonjolkan,tegas Sofwat Hadi.

“Secara umum, Indonesia adalah negara demokrasi yang sulit. Indonesia menggabungkan presidensialisme dengan multi-partai, dan partai politik Indonesia semakin terikat dengan kepribadian tertentu dan sulit untuk dibedakan satu sama lain secara terprogram”,katanya

Lebih lanjut Sofwat Hadi menjelaskan,ini bukan kondisi yang menguntungkan bagi Pemilu sebagai alat untuk menyalurkan tuntutan rakyat ke dalam proses kebijakan. Perlunya pemerintah koalisi di bawah sistem presidensial, tidak adanya perpecahan partisan yang dominan, dan keragaman kepentingan Indonesia di berbagai daerah, kelompok identitas, dan kelas, membuat Pemilu sulit untuk menghasilkan akuntabilitas dan representasi.

Demokrasi di Indonesia harus tetap memiliki jiwa dan ruh Pancasila sebagai dasar negar. semoga kedepan demokrasi di Indonesia ke depan bisa menuju kerah yang lebih baik lagi,pungkas Sofwat Hadi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here