Dirut Bank Kalsel: Spin-Off USS Menjadi Bank Umum Syariah

0
23 views

BANJARMASIN – Keputusan untuk spin-off Unit Usaha Syariah (UUS) menjadi Bank Umum Syariah (BUS), secara internal sudah dilakukan manajemen Bank Kalsel. Sekarang tinggal eksekusi untuk merealisasikan keputusan itu. Proses spin-off ini sudah selesai dan berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa, 27 Februari 2019 lalu, para pemegang saham Bank Kalsel sepakat memberi kewenangan kepada komisaris dan direksi mencari alternatif.

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama Bank Kalsel, H Agus Syabarrudin, Kamis (28/3/2019). Bank Kalsel sudah mempersiapkan, dan insya Allah di tahun 2022 sudah bisa memutuskan spin-off.

“Pemilik saham Bank Kalsel, yaitu pemerintah daerah (Pemprov dan Pemkab/kota) bersepakat untuk memberikan kewenangan kepada direksi dan komisaris mencari alternatif yang terbaik,” bebernya.

Agus menjelaskan, ada beberapa opsi untuk spin-off UUS. Opsinya bisa dengan cara penggabungan USS se-Kalimantan atau seluruh Indonesia, atau juga dimungkinkan melakukan konversi. Ini adalah opsi yang sedang dipersiapkan Bank kalsel. Apalagi Bank Kalsel sudah memiliki team task force untuk persiapan ini. Tentunya kami saat ini sedang melakukan kajian mendalam tentang customer preferensi terhadap rencana ini. Karena ini merupakan hal serius dan strategis, kajian yang dilakukan Bank Kalsel tentu diharapkan segera selesai.

“Banyak belajar dari BPD Aceh yang telah berubah menjadi Bank Aceh Syariah, dan mungkin juga belajar dari NTB yang sudah menjadi Bank Umum Syariah NTB. Jadi boleh dbilang persiapannya sudah cukup intensif,” ujarnya.

ida/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here