DPRD Tabalong Beri 42 Catatan Strategis Kinerja Pemkab Tabalong

0
17 views

TABALONG – Sebagai upaya menjalankan amanat rakyat, DPRD Kabupaten Tabalong menyelenggarakan Rapat Paripurna Istimewa Masa Sidang I Tahun 2019 dengan agenda Pencapaian Catatan Strategis dan Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tabalong Tahun 2014-2019, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tabalong, Rabu (13/3/2019).

DPRD Tabalong memiliki 42 catatan strategis. Catatan Strategis tersebut berisi koreksi dan rekomendasi kepada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Ketua DPRD Tabalong, H Darwin Awi, mengatakan  bahwa catatan strategis DPRD merupakan suatu bentuk pengawasan terhadap pemerintah agar lebih baik lagi menjalankan pemerintahannya.

“Catatan strategis ini bisa menjadi kajian, evaluasi dan catatan bagi SKPD untuk penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” katanya.

Sedangkan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, bahwa hari ini ada dua laporan pertanggungjawaban.

“ada laporan pertanggungan akhir masa jabatan. Artinya pertanggung jawaban untuk lima tahun masa tugas. Kemudian ada laporan keterangan pertanggung jawaban tahunan,” ucapnya kepada wartawan Infobanua, Irwin Apriadi.

Dari keduanya itu, menurut Anang, ada yang bersifat kebijakan.” Untuk yang kebijakan itu akan kita lanjutkan di priode yang ke dua,” katanya.

Sedangkan rekomendasi untuk laporan  tahunan, itu akan ditindak lanjuti oleh SKPD

Anang mencontohkan, kegiatan yang di rumah sakit  yang 17 milyar itu tidak bisa dilaksankan karena gagal lelang.

“Nah begitu mau di lelang lagi yang berikutnya waktunya sudah tidak memungkinkan,” bebernya.

Semunya, kata bupati, sudah direover. Termasuk dana insentif daerah yang ada diperkim untuk membangun lampu median jalan.

“Karena median jalannya adalah tanggung jawab APBN karena itu jalan nasional, otomatis kita tunda. Nah itu sudah kita reover ke anggaran 2019,” bebernya.

Anang menegaskan tidak ada hal hal yang terlalu perinsif. “Semuanya normal normal saja. Karena apa? Karena hampir semuanya itu akan kita laksanakan di anggaran tahun 2019,” pungakasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here