Halaman Kantor Gubernur Kalsel Diserbu 210 Ribu ‘Lautan Manusia’ di Millennial Road Safety Festival Polda Kalsel

0
51 views

BANJARBARU– Puncak kegiatan Milenial Road Safety Festival yang digelar Lapangan Kantor  Gubernur Kalsel di Jalan Trikora Kota Banjarmasin, Minggu (17/3) dihadiri sebanyak 210 ribu masyarakat dari berbai kota/kabupaten di Kalsel. Bahkan MRSF Polda Kalsel terbesar dengan peserta terbanyak dan hadiah yang terbesar ada hadiah mobil, umrah dan sepeda motor serta hadiah menarik lainnya.

Ajang MRSF Polda Kalsel juga menjadi bukti bahwa antusiasme peserta pada ajang MRSF mendukung penuh kampanye kesadaran guna meningkatkan kesadaran berlalu lintas di masyarakat. Program Kakorlantas Polri dan Relawan Lalu lintas Indonesia (relasi) ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di kalangan kaum milenial usia 17-35 tahun.

Alasannya berdasarkan data Badan Pusat statistik tahun 2018, kecelakan di Indonesia tahun 2017 mencapai 105,374 yang didominasi kaum muda yang masih produktif yaitu sebesar 55,5 persen dan secara spesifik 28,12 % korban berasal dari kaum pelajar dan mahasiswa. Selain itu juga kegiatan ini untuk mensosialisasikan keselamatan berkendaraan dan berlalulintas bagi kalangan millennial dan kaum muda.

“Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan karena akan mengancam potensi sumber daya kepemimpinan nasional di masa depan, dan perlu menjadi perhatian bersama,” ujar Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto, disela acara puncak MRSF 2019.

Kata Muji, pihaknya menyambut positif gerakan moral ini guna menyelamatkan generasi milineal agar terhindar  dari korban laka selanjutnya.

Data yang didapat pada acara Millennial Road Safety Festival Polda Kalimantan Selatan yang dilaksanakan mulai Pukul 07.00 s/d 12.00 Wita yang bertempat di Area Car Free Day Kantor Gubernur Kalsel Jl. Trikora Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan dihadiri kurang lebih 210.000 orang terdiri dari peserta tamu undangan, mahasiswa dan pelajar, berbagai komunitas, instruktur senam, peserta massa cair/ on the spot dan peserta pendaftar online.

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Kalsel, Kapolda Kalsel, Sekda Prov. Kalsel, Danrem 101 Antasari, Dan Lanal Banjarmasin, Dan Lanud Syamsudin Noor, Ketua Pengadilan Tinggi, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel, Forkopimda Kalsel, seluruh Kepala SKPD Kalsel, seluruh Kapolres jajaran Polda Kalsel, Bupati se Kalsel, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di Kalsel.

Artis pendukung yakni,artis local Radicta Band, Band Rockapudink dan Band The Higgs. Artis Ibukota Isyana Sarasvati, Nirina Zubir, Eny Sagita dan Band Radja.

Disela kegiatan juga ditampilkan, penampilan safety riding dari Sat PJR Ditlantas Polda Kalsel, penayangan video korban  kecelakaan lalu-lintas. Pembacaan testimoni berupa puisi “Jangan Ada Lagi Seperti Aku” oleh korban laka lantas didampingi 9 korban lainnya. Pemberian santunan oleh Kapolda Kalsel kepada 10 Orang korban laka-lantas. Prosesi deklarasi millennial cinta lalu lintas mejuju Indonesia Gemilang oleh Ketua PGK Kalsel.

Pengucapan yel-yel millennial Kalsel, penekanan tombol sirine oleh Gubernur, Kapolda Kalsel, Forkopimda Provinsi Kalsel dan Ketua PGK. Pelepasan balon merah putih dengan rumbai banner MRSF dan pelepasan Balon kecil sebanyak 2.000 buah yang dipegang peserta MRSF diiringi dengan taburan serbuk warna, conventy oksigen, bumper video dan sound.

Tim paramotor melakukan atraksi udara dengan membawa bendera MRSF, penyerahan sertifikat tanah oleh Gubernur Kalsel untuk pembangunan safety driving center dari Pemprov Kalsel kepada Polda Kalsel. Perlombaan PUBG, penampilan safety riding, entrepreneur expo dan penampilan free style berjalan pada saat bersamaan. Penampilan artis penyanyi dangdut Eny Sagita, pencatatan Rekor MURI (Permainan Game Online SI TALA dan Pelayanan SIM 72 Jam Nonstop). Pemungutan sampah oleh seluruh peserta Millennial untuk dibuang ketempat yg sudah disediakan

Fasilitas pada acara puncak yakni, tersedianya 120 Rombong makanan GRATIS untuk konsumsi peserta. Pameran motor dan mobil millennial, Police Expo dari Satker dan Satwil Jajaran Polda Kalsel, pelayanan dukcapil (pembuatan KTP), pelayanan kesehatan, pelayanan SIM keliling millennial dan food truck di area MRSF.

Rel/ang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here