Kebhinekaan Modal Perekat Persatuan Dan Kesatuan Jelang Pemilu

0
16 views

Banjarbaru – Anggota MPR RI M.Dardiansyah mengatakan bahwa empat pilar merupakan tonggak penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang disampaikan di Banjarbaru,Rabu (13/3/3019),dia menegaskan keempat pilar masing-masing Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika harus terus di gelirakan di tengah masyarakat terkebih menjelang Pemilihan Umum yang April 2019 mendatang.

“Empat Pirar Kebangsaan harus di implementasikan secara utuh dalam kehidupan masyarakat. Terlebih saat ini, di tengah meningkatnya suhu politik, Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara menjadi solusi untuk permasalahan tersebut,” katanya.

Menurutnya di dalam Empat Pilar terkandung semangat demokrasi, gotong royong, persatuan, kemanusian dan bhineka tunggal ika. Sejatinya nilai-nilai tersebut bisa diterapkan oleh seluruh anak bangsa, sehingga potensi perpecahan bisa dihindari.

“Jangan hanya gara-gara perbedaan politik kita menjadi terpecah belah. Perbedaan politik itu biasa. Kita tetap satu NKRI dan satu bangsa,”tegas Dardiansyah.

Lebih lanjut Dardiansyah menjelaskan akar potensi konflik bisa dipicu oleh karena memudarnya rasa toleransi, kebersamaan, dan penghormatan serta perbedaan pilihan politik. Seperti yang tampak saat ini, dimana perbedaan politk menjadi persoalan yang mengarah kepada saling caci.

“Karakter bangsa akan terbangun melalui komitmen kebangsaan yang kuat, serta menghargai ke-Bhinneka-an sebagai modal kekuatan bangsa untuk bersatu. Persatuan dan kesatuan bangsa harus senantiasa dijaga, ditanam dan diimplementasikan dalam setiap aspek kehidupan, agar tidak ada lagi ruang bagi lahirnya benih-benih perpecahan bangsa,”pungkas Dardiansyah.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.