Demo KPU Kalsel Emak- Emak Minta Kejujuran Jangan Curang

0
16 views

BANJARMASIN – Ada 100 orang lebih sebagian terdiri dari emak-emak tergabung dalam Aktifis Cinta Demokrasi ((ACD) mendatangi Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (24/4/2019) siang, pukul 14.00 Wita. Demo damai yang dipimpin Popy.

Aparat keamanan yang dipimpin Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto, memerintahkan anggotanya berjejer di tepi jalan sebelum KPU Kalsel. Massa berdemo mulai dari tempat Wisata Kuliner Baiman di Jalan Lungkar Dalam Utara atau dekat Flyover, hanya sampai di depan RM Noni dengan berjalan.

Tujuan demo itu guna mensikapi permasalahan yang teriadi selama pelaksaanaan PEMILU 2019 pada 17 April 2019 baik pada saat pencoblosan maupun pasca pencoblosan di seluruh wilayah Kalimantan Selatan. Diduga  terdapat banyak sekali peristiwa yang diduga kuat terdapat kecurangan dan atau kelalain yang menyalahi ketentuan perundang-undangan dan aturan yang berlaku.

Baik yang diduga dilakukan oleh para oknum caleg legislatif beserta team suksesnya, maupun para oknum petugas yang diberi amanah sebagai pelaksana pencoblosan.  Sejatinya bersifat netral tanpa keberpihakan terhadap caleg tertentu.

Utamanya keberpihakan kepada salah satu Capres & Cawapres. Selanjutnya, saat perhitungan dalam rekapitulasi suara di TPS. Pengangkutan kotak suara dari TPS ke lokasi lain serta hal teknis dan temuan lainnya para relawan maupun publik yang disampailkan.

Aktivis tergabung dalam koalisi AKTIVIS CINTA DEMOKRASI meminta dengan fakta dan data yang valid, maka diduga kuat telah terjadi penyimpangan dan kecurangan. Untuk itu sejatinya bisa dihentikan dan atau ditegur oleh pihak terkait yang bertugas atau aparat yang berwenang baik dari unsur KPU yakni BAWASLU ataupun aparat kepolisian.

Ironisnya, berbagai macam persoalan yang melanggar aturan tersebut seakan diabaikan atau dibiarkan terjadi sehingga membuat resah masyarakat, utamanya relawan atau team sukses dari pasangan capres dan cawapres yang merasa dirugikan.

Untuk itu, demi mengingatkan kembali tugas dan fungsi para pelaksana PEMILU 2019 ini, agar mampu melaksanakan perhelatan demokrasi bersih dan jujur. Juga mampu bertindak tegas terhadap semua pihak yang diduga dan atau dilaporkan telah berbuat curang dengan melanggar Undang-Undang Pemilu serta pelanggaran lainnya yang telah ditentukan.

Aksi demo damai itu dipimpin Popy mengingatkan pihak KPU Kalsel. Demikian juga Habi Zen dari DPD Macan Asia Kalsel Bunda Mona turut mengingatkan rekap di KPU nantinya.

Komisioner KPU Kalsel Siswandi didampingi Nurzain mengatakan, untuk rekap sampai kepada pihaknya, namun justru silakan awasi rekap suara itu di PPK.”Perhitungan suara itu  terbuka untuk umum, apabila tetutup harus dicurigai,” ujarnya.

Perhitungan di PPK itu sampai pada 4 Mei nanti, sedangkan ditingkat kabupaten kota pada 7 Mei 2019 nanti.  Setelah itu baru rekap tersebut diserahkan kepada KPU Kalsel

Yang hadir  Kapolresta Banjarmasin, Dandim 1007 Banjarmasin Letkol Inf  Nopid Arif, Dansat Brimob Kombes Daulay di sekitar KPU.

Yus/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.