Pasar Murah Dinas Perdagangan Diserbu Warga

0
7 views
PASAR MURAH- Menjual bahan kebutuhan pokok lebih murah dari pasaran

BANJARMASIN – Harga bahan pokok mulai mengalami kenaikan menjelang bulan suci Ramadhan, untuk mengantisipasi tersebut Dinas Perdagangan Prov Kalsel mengadakan pasar murah untuk mengurangi kenaikan harga dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Birhasani, disela-sela pembukaan Pasar Murah, Selasa (30/4/2019) dihalaman Kantor Disdag Kalsel. Beberapa kebutuhan pokok dengan harga murah yakni beras, telur, gula, minyak goreng, mie instan, susu, bawang merah, bawang putih, tepung, sabun cuci dan baju anak.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel Birhasani mengatakan, saat ini Disdag berusaha semaksimal mungkin supaya tidak ada gejolak kenaikan harga yang terlampau tinggi di saat menjelang Ramadhan nanti.

“Dengan menggelar Pasar murah harapan kita dapat menjaga kestabilan harga dipasaran jelang memasuki puasa, agar kenaikan harga bisa sedikit ditekan,” jelasnya.

Menurut Birhasani, pihaknya sudah melakukan pantauan langsung bersama sama seluruh pihak Dinas terkait beserta jajarannya kepasar, untuk melaksanakan pertemuan dengan pedagang dan distributor, gelar pasar murah dan monitoring stok serta bahan pokok di pasaran agar harga menjadi normal. Disdag juga melakukan rapat koordinasi dengan semua Dinas terkait dan pelaku usaha serta distributor dengan tujuan mengetahui ketersediaan bahan pokok, proses distribusi dan sebagainya.

Diungkapkan Birhasani, menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasaran perlu ada pengawasan, seperti alur pengiriman barang. Apakah benar-benar sampai ke pedagang dan didistribusikan dijual ke masyarakat. Inilah peranan Satgas Pangan agar alur sembako tidak dipermainkan karena memanfaatkan situasi.

“Dalam satu tahun, Dinas Perdagangan Kalsel selama 2019 akan menggelar pasar murah sebanyak 65 kali.” ujarnya.

Ida/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here