Perbaikan Tiga Jembatan Sungai Lulut Bikin Kemacetan Bertambah,

0
70 views

BANJARMASIN – Masyarakat yang tinggal di kawasan Sungai Lulut kalau mau ke Banjarmasin terpaksa harus memutar dulu kearah Sungai Tabuk menuju Pematang Panjang dan keluar di Jalan Ahmad Yani. Begitu juga bagi masyarakat yang mau ke Sungai Lulut harus lewat Gambut dulu.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel, Rusdiansyah, Selasa (30/4/2019). Tahun ini tiga Jembatan di Sungai Lulut akan segera diperperbaiki, karena sangat mendesak melihat kondisi jembatan yang sudah tua.

“Ada tiga buah jembatan di Sungai Lulut akan segera diperbaiki tahun ini. Hal ini mendesak dikerjakan karena kondisi jembatan yang sudah tua dan tidak layak lagi dipertahankan,” ujar Rusdiansyah.

Rusdiansyah mengatakan, pembangunan yang rencana dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel pada Juni 2019 diyakini akan menyebabkan kemacetan parah. Soalny di Sungai Lulut banyak permukiman. Masyarakat yang tinggal di daerah Sungai Lulut hampir setiap hari berhadapan dengan kemacetan ditambah dengan kondisi jembatan yang sudah tua, belum lagi macetnya luar biasa dikala jam pergi dan pulang kerja.

Diungkapkan Rusdiansyah ini merupakan konsekuensi yang harus diterima masyarakat dari pembangunan jembatan sementara tidak bisa lagi melintas. Pihaknya bersama pihak terkait terus berupaya mengkaji hal terbaik untuk memudahkan masyarakat. Memikirkan bagaimana agar masyarakat Sungai Lulut tidak harus melewati Gambut dulu kalau mau ke Banjarmasin.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kalsel Roy Rizal saat dikonfirmasi menyatakan, dalam waktu dekat akan digelar ekspose dari kontraktor ke berbagai pihak terkait dan dilanjutkan sosialisasi penutupan tiga jembatan ke masyarakat.

Untuk kelancaran pembangunan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Banjarmasin dan Kabupaten Banjar diharapkan sudah bisa menyelesaikan pembebasan dan pembayaran lahan yang terkena proyek sebelum Juni 2019.

“Diharapkan sebelum bulan Juni, lahan tiga kawasan jembatan yang akan dibongkar sudah steril,” jelas Roy.

Ida/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here