Walikota Banjarmasin Minta Siswa SMP Kedepankan Kejujuran Hadapi UNBK

0
43 views

BANJARMASIN.- Seluruh Pelajar SMP sederajat di Kota Banjarmasin sedang melaksanakan UNBK di hari pertamanya.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina melakukan pemantauan langsung di SMPN 10 Banjarmasin di Jalan Aes Nasution mulai hari ini, Senin (22/4) sampai Kamis (25/4).

Pada pelaksanaan UNBK hari pertama, Ibnu terjun kelapangan melihat ada kendala apakah selama UNBK di hari pertama ini.

Ibnu menyampaikan, bahwa di Kota Banjarmasin UNBK tingkat SMP Sederajat sudah 100 persen dilaksanakan berbasis komputer dan tidak ada lagi istilah tulis menulis diatas kertas. Karena dengan canggihnya perkembangan zaman sekarang maka dari itu lah pendidikan pun harus dimodifikasi apalagi didalam UNBK ini ucapnya.

“Dengan adanya ujian berbasis komputer ini, maka seluruh pelajar SMP yang mengkitu UNBK ini sudah ditanamkan sikap kejujuran, jauh sebelumnya kita lihat kembali kebelakang UNBK pada zaman dulu yang masih memakai kertas dari sana kita sudah mendidik anak-anak kita genarasi muda kita untuk berbuat kecurangan walaupun tidak semua nya juga yang melakukannya tapi tetap itu tidak baik maka dari itu saya sangat setuju akan hadirnya UNBK berbasis komputer ini selain mendidik genarasi penerus Bangsa untuk berbuat jujur disisi lain kita juga melatih anak-anak kita dalam kemahirannya menggunakan IT” ucapnya.

Karena, menurut Ibnu, dengan adanya sistem komputer ini pelajar tidak bisa lagi saling mencotek mau pun tengok kanan, kiri, depan, belakang, itu sudah tidak berguna lagi. ‘buat apa tengok-tengok lagi kalau disekitar semuanya komputer semua’. Dan lagi pula semua soal-soal yang diberikan pun berbeda-beda karena satu mata pelajaran itu sudah memiliki kode masing-masing dan berbeda satu dengan yang lainnya.

Dalam kesempatan meninjau keberlangsungan UNBK, Ibnu menghimbau, agar pelajar dapat mengikuti ujian hingga akhir pelaksanaan dengan serius teliti dan terutama jujur kerna kunci orang sukses terdapat dari kejujurannya bukan dari penampilannya.

“Saya selaku Wali kota Banjarmasin mengharapkan kepada semua pelajar yang mengikuti UNBK menjaga kesehatannya, dimusim yang tidak menentu ini. Sehingga anak-anak dapat mengikuti ujian hingga akhir,” ucap Ibnu.

Dari data yang sudah saya peroleh dari dinas pendidikan semua pelajar SMP Sederajat yang mengikuti UNBK di Kota Banjarmasin sebanyak 10.000 orang.

Febri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.