Guru Tolak Anak Disabilitas Masuk Sekolah Umum Bisa Dipenjara 2 Tahun

0
70 views

Banjarmasin – Dinas prmberdayaan dan perlindungan anak provinsi kalimantan selatan mengadakan acara Forum komunikasi keluarga anak penyandang di sabilitas di hotel Rataiin di Jalan A. Yani km 6 acara di hadiri langsung oleh ketua Forum Disabilitas kota Banjarbaru dan Forum Disabilitas Kota Banjarmasin Kamis (16/05).

Acara di hadiri oleh para guru Disabilitas dari sekolah Inklusi dan Sekolah Luar Biasa yang ada di kota Banjarmasin Dan Kota Banjarbaru tak luput juga di ikut sertai para orang tua yang memiliki anak di sabilitas.

Semua anak umumnya anugrah yang di berikan oleh Tuhan Yang maha esa, ada pun apa bila anak terlahir dengan keadaan cacat (Disabilitas) itu semua bukan kutukan atau pun penyakit namun ada keistimewaan yang di miliki oleh anak tersebut yanh tidak di miliki anak-anak lain.

Berhubungan dengan anak Disabilitas dan Pendidikan pada Umumnya anak Disabilitas wajib mencakup pendidikan sebagaimana mestinya anak-anak normal lainnya namun pada umumnya anak Disabilitas tidak di terima di sekolah umum malah di lempar ke sekolah luar biasa.

Nahar selaku Deputi perlindungan anak Republik Indonesia menyampaikan “acara ini adalah acara pemberdayaan anak dan perempuan acara ini sekaligus mempersatukan para orang tua yang mempunyai Disabilitas di seluruh kalsel kerna anak Disabilitas Itu termasuk katagori 15% termasuk dalam anak yang dilindungi sesuai dengan UUD Perlindungan Anak bahwa semua anak harus terpenuhi keinginannya” ucapnya.

Termasuk didalam segi pendidikan jika seorang anak penyandang Disabilitas ingin bersekolah di sekolah anak pada umumnya dan apa bila dari mereka mau pun itu pihak orang tua atau pun guru ada yang melarang anak tersebut untuk mengecam pendidikan di bangku sekolah umum maka dia akan di kenakan sangsi pasal 142 dan 145 yang sebagai mana berbunyi pelaku akan dipenjara dalam waktu kurang lebih dua tahun atau di kenakan denda maksimal dua ratus juta rupiah bagi mereka yang melakukannya pungkasnya.

Febri/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.