Jelang Lebaran Bank Indonesia Siapkan Rp 3,5 Triliun

0
51 views

BANJARMASIN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan siap dana untuk masyarakat menjelang lebaran Rp 3,5 triliun. Pecahan mulai dari Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu sampai Rp 10 ribu banyak diminati, dan terlebih lagi tidak ada potongan apalagi masyarakat menukarkan uang di Bank Indonesia.

 

“Kami siapkan dana Rp 3,5 triliun untuk melayani penukaran uang rupiah menjelang perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah. Penukaran uang bisa dilakukan di berbagai bank yang bekerja sama dengan BI. Penukaran juga bisa di bank-bank yang ada spanduk penukaran uangnya. Tidak dipungut biaya,” kata Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Kalsel, Purwanto, saat buka puasa bersama insan media di Tree Park, Kamis (16/5/2019).

Layanan sudah dipersiapkan di 33 Bank dan 150 cabang di seluruh Kalsel. Disamping uang receh, juga BI mempersiapkan penukaran uang lusuh dan rusak. Mempermudah masyarakat melakukan penukaran uang untuk lebaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan membuka layanan 20-31 Mei di Taman Kamboja (Pasar Ramadhan) mulai 10.00 -13.00 WITA.

Kata Purwanto, ada 150 titik bank se-Kalimantan Selatan siap melayani masyarakat untuk melakukan penukaran uang.  Dimana titik-titik penukaran sengaja disebar agar memudahkan masyarakat dan tidak terkonsentrasi pada satu tempat saja.

BI membuka layanan Kas Keliling di titik di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru. Pelayanan kas keliling bakal dibuka pada 20 Mei – 31 Mei 2019. Di Kota Banjarmasin, BI membuka kas keliling di Taman Kamboja, kantor Kesyahbandaran, Lanal Banjarmasin, Pemko Banjarmasin, dan Polda Kalsel. “Kami juga mendatangi kantor Gubernuran, Pemko Banjarbaru, dan Brimob (Banjarbaru). Karena massanya juga banyak yang akan menukarkan uang.

BI Kalsel menetapkan nominal Rp 3,7 juta setiap orang yang menukar uang untuk kebutuhan lebaran. Nominal sebanyak itu terdiri dari pecahan Rp 20 ribu senilai Rp 2 juta, pecahan Rp 10 ribu senilai Rp 1 juta, pecahan Rp 5 ribu senilai Rp 500 ribu, dan pecahan Rp 2 ribu senilai Rp 200 ribu.

rel

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.