Melihat Serunya Anak Muda Banjarbaru Drifting ‘Ngepot’ di Lapangan Murjani

0
35 views

Banjarbaru – Memasuki hari ke 14 Ramadhan banyak para komunitas anak muda yg mengisi puasa mereka dengan kegiatan positif dari Pesantren Ramadhan,berbagi takjil dan menyambangi rumah Yatim.

Salah saunya yang terlihat di Minggu pagi (19/5) di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru. Anak muda kota idaman Banjarbaru mulai keranjingan drifter dan menonton. Karena tiap pekan secara berkala kominitas drifter Banjarbaru melakukan aksinya.

Apakah di jalanan Anda pernah melihat seorang pengendara mobil tengah melakukan burnout dengan mobilnya atau yang lebih kita kenal dengan istilah ‘ngesot’ atau ‘ngepot’?

“Teknik burnout tersebut sebenarnya adalah bagian dalam olahraga drifting. Pada dasarnya, drifting adalah suatu kegiatan otomotif yang memadukan unsur hiburan dengan unsur kompetisi,” tutur De mas Agil salah satu pembalap Nasional kepada infobanua.

Kata Agil, ketika olahraga otomotif lainnya banyak yang hanya mengandalkan akselerasi maksimal atau kecepatan sebagai parameter penilaian dan kemenangan, lain halnya dengan drifting yang mengutamakan unsur keindahan.

“Jadi bisa dibilang, kegiatan burnout dalam olahraga drifting memiliki nilai estetika yang tentu tidak mudah untuk dapat melakukannya dengan benar. Mobil yang digunakan pun tidak bisa sembarangan,” katanya.

Tetapi banyak dari masyarakat awam yang tidak tahu perbedaan antara olahraga balap drift dengan slalom. Sekilas mengemudikan mobil balap drift dan slalom sepertinya memiliki gaya yang sama. Namun kedua cabang balap tersebut memiliki cara mengemudi kendaraan yg berbeda jauh meski sama-sama harus menampilkan aksi ‘ngepot’.

Tehnik keduanya berbeda untuk di slalom kita harus lebih sedikit atau meminimalisir ngepotnya. Tapi untuk di drifting kita harus open,wide open,full angle  dan ini adalah dua hal yang sangat berbeda,” katanya.

Agil mengatakan, tidak semua dari para drifter anak muda Kota Banjarbaru ada juga yang berasal dari Kota Banjarmasin, Martapura dan kab lainnya yang tergabung dalam komunitas pencinta drifting dan slalom. “Mereka berlatih sejak pagi hari untuk memantabkan diri menghadapi kejurda dan kejurnas,” katanya.

yanuar

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here