BNNK Barito Kuala Sosialisasikan P4GN Ke Tokoh Masyarakat dan Pemuda

0
21 views

BATOLA – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Barito Kuala menggelar sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2018 tentang rencana aksi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Sebanyak 20 orang terdiri dari tokoh masyarakat, LSM, organisasi dan pemuda  mengikuti kegiatanp Pelaksanaan Program Pemberdayaan Penggiat Anti Narkoba, Rabu (19/6/2019) di Hotel Prima Batola Marabahan.

Kepala BNNK Barito Kuala AKBP Agung Prabowo, Amd  mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi Inpres No 6 Tahun 2018 tentang (P4GN) dalam rangka pelatihan dan pembinaan masyarakat anti narkoba melalui workshop anti narkoba di lingkungan masyarakat Kabupaten Barito Kuala, diharapkan bisa menekan adanya peredaran narkoba di wilayah Batola.

Menurut Agung, setelah dilakukan sosialisasi ini, diharapkan aksi P4GN akan segera dilakukan di masing-masing satker. Seperti deteksi dini atau tes urine di masing-masing satker dan pembentukan satgas anti narkoba. Disamping itu, para peserta yang hadir mengikuti kegiatan dihimbau untuk tidak segan-segan melaporkan hal-hal yang mencurigakan terkait peredaran gelap narkoba yang ada di lingkungan mereka kepada BNN,” kata Agung.

“Pihaknya juga berharap setelah kegiatan ini para peserta dapat menjadi penggiat-penggiat Anti Narkoba di keluarga dan di lingkungan mereka masing-masing.

H Ipansyah  SE MM selaku Plt, Kepala BNNP Kalsel menambahkan, kepada peserta yang hadir untuk berperan aktif melapor bila ada diketahui pengedar narkoba ataupun pecandu Narkoba.

“Tujuan  kegiatan ini memberikan pengetahuan tetang narkoba, meningkatkan pemberdayaan lingkungan masyarakat dlm mendukung program P4GN,” jelas Ipansyah.

BNNK Barito Kuala berharap setelah kegiatan ini para peserta memiliki daya imun dan tangkal terhadap penyalahgunaan Narkoba, sehingga dapat melindungi dirinya dari penyalahgunaan Narkoba.

Selain itu diharapkan juga dapat menjadi penggiat-penggiat Anti Narkoba di keluarga dan lingkungannya. Sehingga masyarakat Baola terbebas dari penyalahgunaan Narkoba.

Hasil yang ingin di capai tentang pentingnya peran serta masyarakat dalam upaya P4GN dan memutus mata rantai Supply dan Demand,  gambaran umum  penyalahguna di Kalimantan Selatan, dan jenis2 narkoba baru. Kolaborasi antara Instansi Pemetintah, Masyarakat dan Swasta / Dunia Usaha. 4. Pengetahuan tentang narkoba secara utuh  mengenai jenis, dampak negatif, ciri-ciri pengguna, aspek hukum dan rehabilitasi. Masyarakat bersedia bekerjasama dengan BNNK Batola dalam upaya-upaya pencegahan sebagai bentuk  membasmi narkoba.

Pada kegiatan sosialisasi menghadirkan narasumber H. Ipansyah, SE,MM (Plt, Kepala BNNP Kalsel),AKBP Agung Prabowo, Amd (Kepala BNNK Batola), Drs. Nor Ipani,  (Kepala Kesbangpoll Kab.Batola), Aberansyah, S.Sos (Kasi P2M).

Kegiatan langsung dengan pemberian materi  plt Kepala BNNP Kalsel berjudul  Kepedulian dan Sinergitas Masyarakat dalam pelaksanaan (P4GN), dilanjutkan dengan   tanya jawab para peserta dan pembagian Pin Relawan dan Sertifikat.

Ida/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here