Raperda Narkotika Siap Diparipurnakan

0
27 views

BANJARMASIN, INFO BANUA.- Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Tahun 2019 tentang fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif lainnya sudah dikoreksi dan di paripurnakan, Rabu (19/6) sore hari ini di finalisasi.

Kasubag Perundang-Undangan Setdakot Banjarmasin, Jefri Fransyah menjelaskan  Final disini dalam rangka memperbaiki hasil koreksi dari fasilitasi Provinsi. Peraturan ini sudah sekali final kita fasilitasi hasil dari fasilitasi ada yang perlu disesuaikan,” ujarnya.

Pasal yang dilakukan kajian yaitu pasal 10 ayat 1 dan 2 dan tambahan penjelasan pasal 2,6,7,9 dan 12. “Ini sudah selesai dibahas disepakati bersama tinggal diparipurnakan untuk menjadi Perda,” bebernya.

Terkait dengan perbaikan yang direkomendasikan Provinsi meminta untuk penjelasan beberapa pasal seperti penjelasan mengenai bagaimana satgas itu bekerja. “Bentuk pelaksanaan dari penanganan satgas itu,” bebernya.

Sanksi dikatakannya ada dua sanksi terkait UU dan di Perda. “Untuk narkotika itu terkena sanksi UU sedangkan sanksi Perda merupakan pelanggaran yang belum diatur dalam UU seperti jenis obat – obatan tidak masuk dalam UU Narkotika,” urainya.

Sanksi Perda akan lebih rendah hukumannya seperti kurungannya, dendanya dari pada sanksi UU. Selain itu Asmad menyampaikan pembahasan terkait pansus ini dikhususkan untuk di bawah umur. “Terkait pencegahan dan rehabilitasi artinya di bawah 17 tahun ke bawah,” ucapnya.

“Tindakan yang di atas umur merupakan kewenangan kepolisian. Pendampingan jika di bawah umur kepada pemerintah daerah atau dinas dinas terkait karena masih usia sekolah,” terang ketua Pansus ini pungkasnya.

Febri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here