Gali Potensi Penyandang Disabilitas Melalui Semarak Festival

0
11 views

BANJARMASIN – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalsel menyelenggarakan Semarak Festival Banjarmasin ke-2 di halaman Taman Budaya Banjarmasin, Sabtu (27/7/2019).

Semarak Festival dilaksanakan selama 3 hari terhitung dari tanggal 26-28 Juli 2019 dan diikuti beberapa stand pameran diantaranya menyajikan berbagai stand kuliner, stand kain sasirangan khas Kota Banjarmasin, stand otomotif serta stand lainnya.

Ketua DPC IWAPI Kota Banjarmasin, Aida Muslimah Rosehan mengatakan Semarak Festival yang diselenggarakan ini bekerjasama dengan para penyandang disabilitas yang ada di Kota Banjarmasin.

“Karena dari potensi dan keahlian para penyandang disabilitas ini dengan membuat suatu produk bisa ditampilkan saat event seperti ini” ucap Aida.

Semarak Festival ke-2 tahun ini, lanjutnya, lebih meriah dengan melibatkan beberapa stand komunitas otomotif yaitu kontes mobil modifikasi yang terdaftar sebanyak 40 peserta.

“Tidak hanya di Banjarmasin yang mendaftar tetapi di luar Kalsel ada juga yang mendaftar” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menambahkan event ini sangat mendukung untuk mempromosikan inklusifitas kepada masyarakat.

“Bahwa setiap orang berhak untuk tidak didiskriminasi mendapatkan haknya sebagai warga negara dan dilindungi hak-haknya serta mendorong penyandang disabilitas dalam berkarya dan berkreasi untuk masyarakat, agama, bangsa dan negara” tambahnya.

Selanjutnya, Hermansyah menjelaskan Pemko Banjarmasin telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

“Keberadaan Perda ini sebagai wujud Pemko Banjarmasin untuk melaksanakan amanat undang-undang tersebut” pungkasnya.

Event ini juga dapat membangkitkan semangat kemandirian dan optimalisasi potensi penyandang disabilitas.

 

Febri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here