Rakor Dugaan Pencemaran Limbah PT MS, Ada tidaknya Pencemaran Tunggu Uji Laboratorium Polres Sampit

0
49 views

Rapat koordinasi membahas limbah pabrik PT.Mustika Sembuluh diruang Kabag.Perekonomian Kotim (nal/brt).

 

Sampit – Rapat koordinasi guna membahas persoalan dugaan pencemaran oleh limbah pabrik PT  Mustika Sembuluh yang mencemari sungai Sampit di Desa Pondok Damar, Kecamatan MHU, BagendangKamis (11/7) digelar di ruang Kabag Perekonomian Pemkab Sampit dipimpin Kabag Perekonomian Kotim.

Juga hadir Camat MHU Bagendang Syamsyul Rizal, Kepala Dinas Perikanan Sampi, Heriyanto, Polres Kotim, perwakilan warga desa Pondok Damar, Suharjo dan Yarrdi Berti.

Dalam rapat internal tersebut ada dua poin kesimpulan yakni, pertama dampak hukum pencemaran limbah pabrik PT Mustika Sembuluh diserahkan pihak aparat kepolisian Sampit sambil menunggu hasil uji laboratorium. Kedua dampak sosialnya akan dibahas kembali dengan mengundang pihak perusahaan dan DPRD Kotim.

“Dari hasil rapat tadi kita sepakat, untuk dampak hukumnya dari pencemaran limbah pabrik PT.Mustika Sembuluh diserahkan kepada Polres Kotim, sementara untuk dampak sosialnya akan kita bahas dalam rapat kemudian,” tegasnya.

Menanggapi tidak diundangnya pihak perusahaan PT.Mustika Sembuluh dan DPRD Kotim, Wim menjelaskan rapat koordinasi ini sebatas rapat internal Pemerintah Daerah Kotim. Namun Wim berjanji pada rapat berikutnya pihak perusahaan dan anggota DPRD Kotim yang membidanginya akan diudang.

“Rapat ini hanya sebatas internal saja, untuk rapat berikutnya pihak perusahaan dan anggota DPRD Kotim pasti akan kami undang.”Ungkapnya kepada media ini.

Ketua BPD desa Pondok Damar, Suharjo dan Ketua DAD desa Pondok Damar, Yarrdi Berti menegaskan, jika permasalahan ini berlarut larut tidak ada tanggapannya. Maka pihaknya bersama warga akan mendatangi pabrik dan akan menggembok pabrik tersebut.

“Selesaikan dulu permasalahan limbah pabrik, lahan tanah desa yang dicoplok perusahaan serta tuntaskan plasma warga desa Pondok Damar yang selama ini tidak jelas keberadaannya.”  tegasnya.

zainal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here