Tidak Puas Upah, FSPMI Unjuk Rasa ke Distanakertrans Kalsel

0
17 views

Dua kelompok karyawan dari PT Barito Murni Sakti Chemical dan PT Kalimantan Agung yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan aksi unjuk rasa.

Massa tersebut mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan untuk menyampaikan tuntutan yang mereka rasakan selama bekerja di perusahaan.

Ketua FSPMI, Yoeyoen Indharto menyampaikan sejumlah tuntutan berupa ketidakpuasan upah yang tidak memenuhi standar UMP dari kedua perusahaan tersebut serta hak hak yang belum dibayarkan perusahaan kepada karyawan yang tergabung dalam FSPMI.

“Upah tidak sesuai dengan UMP, Pembayaran iuran BPJS Kesehatan, Ketenagakerjaan serta pesangon bagi karyawan PT Barito Murni sakti Chemical yang belum dibayarkan,” ucapnya (18/7).

Ia mengungkapkan hal tersebut juga dirasakan oleh karyawan PT Kalimantan Agung yang tidak mendapat gajih sejak 3 bulan terakhir, hanya sebagian karyawan yang masuk dalam BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

“Keduanya jamsos ini tidak dibayar padahal gajih sudah dipotong untuk membayarnya,” ujarnya.

Aksi tersebut di sambut baik oleh Kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Selatan Bapak H Sugian Noorbah serta mendengarkan langsung tuntutan mereka.

Menyikapi permasalahan tersebut Kepala Distanakertrans, H Sugian Noorbah beserta jajarannya akan melakukan peninjauan kepada kedua perusahaan tersebut dalam waktu dekat.

” Kami akan membentuk tim dari Provinsi, Pengawasan, dan balai. Apabila tuntutan Meraka terbukti maka kedua perusahaan tersebut akan kami proses,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.