Tour Guide Ujung Tombak Pariwisata Banjarmasin

0
43 views

BANJARMASIN – Tour Guide atau pandu wisata menjadi salah satu ujung tombak pariwisata suatu daerah dalam memperkenalkan berbagai macam wisata unggulan.

Tour guide yang handal dan berpengalaman dalam memperkenalkan perpariwisataan tentunya harus terlatih dalam bidangnya. Hal tersebut menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Kota Banjarmasin untuk mendidik serta melatih seorang tour guide.

Dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan ilmu pengetahuan kepada tour guide, agar dapat memahami informasi atau sejarah dari pariwisata unggulan kota Banjarmasin.

Peserta akan di beri bekal wawasan ilmu pengetahuan seperti sejarah, budaya, miniatur budaya, serta kependudukan yang menjadi point inti seorang pemandu wisata untuk memberikan pengetahuan kepada wisatawan baik lokal maupun internasional.

“Objek wisata yang perlu kita gali lebih dalam lagi baik itu sejarah ataupun asal usulnya, salah satunya wisata unggulan susur sungai Banjarmasin,”ucap Mukani selaku instruktur tour guide dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (30/7).

Ia juga menjelaskan banyak objek wisata susur sungai yang tidak bisa dilewatkan, salah satunya pemukiman masyarakat yang berada di tepi sungai dan menggantungkan kehidupannya melalui sungai.

Selain itu wisata unggulan susur sungai seperti Pasar Terapung, Pulau Kembang, Siring Bekantan, Makam Sultan Suriansyah yang dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Banjarmasin.

“Terutama orang Belanda sangat ingin tahu sejarah kota Banjarmasin dan kita harapkan peserta dapat menjelaskan hal itu kepada mereka,”tutupnya.

Yudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here