Dispora Tapin Tumbuhkan Kembali Olahraga Tradisional Daerah

0
14 views

RANTAU,- Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Tapin menggelar lomba olahraga tradisional
dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-74 seiring acara Tapin Art Festival 2019 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rantau Baru. Jum’at (2/8/2019).

Kejuaraan olahraga tradisional itu terdiri Balogo, Bagasing, dan Bakatikan yang diikuti peserta para pelajar di Tapin hingga Umum se-Banua Enam di Kalimantan Selatan.

Ketua Panitia Pelaksana, Rony Rifani selaku Kepala Bidang Pem.Olahraga Dispora Tapin mengatakan,”Acara perlombaan ini sengaja kita agendakan rutin setiap tahunnya terutama pada hari-hari besar seperti HUT Kemerdekaan RI dan Tapin Art Festival 2019 saat ini dengan harapan kita bisa menumbuhkan kembali olahraga tradisional kita yang saat ini sudah mulai tersingkirkan seiring dengan kemajuan zaman,”katanya kepada infobanua.co.id.

“Dan tahun ini kita selenggarakan tiga ajang lomba tradisional.Pertama, Belogo.Kedua, Begasing.Dan ketiga, Bakatikan.Untuk Belogo itu ada tiga kelas. Pertama, pelajar SD hingga SMP. Kedua, kelas umum, dan ketiga, kelas komunitas tradisional yang miliki jarak lintasan lomba belogonya sepanjang 50 meter.Kemudian untuk lomba Begasing tingkatnya se-banua enam dan lomba Bakatikan itu pesertanya bebas,”katanya.

“Jumlah pesertanya cukup banyak untuk para pelajar ada 17 tim, umum sekitar 60 tim lebih, dan untuk peserta lomba belogo 50 meter ada 32 tim,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here