DKP3 Hari Ini Cek Kesehatan Hewan Qurban di RPH Banjarmasin

0
3 views

BANJARMASIN – Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Banjarmasin lakukan pemeriksaan terhadap beberapa hewan korban yang baru beberapa hari baru datang ke rumah potong.

“Hari ini pemeriksaan kami titik beratkan di RPH dulu, dari hasil pemeriksaan sementara ada beberapa sapi yang mengalami kelelahan fisik dikarenakan baru dua hari yang lalu sampai di RPH serta mengalami mabok laut saat pengiriman,” ungkap Dr Annang Dwijatmiko selepas pemeriksaan.

Ia juga mengatakan sebagian sapi yang sudah di periksa dan tidak mengalami gangguan akan di serahkan kepada pemiliknya masing-masing.

Pemeriksaan kepada hewan qurban meliputi pemeriksaan fisik mulai dari cara berdirinya dan kekuatan kakinya, kondisi gigi yang sudah berganti ataupun hewan qurban sudah berusia dua tahun atau yg sudah memenuhi kriteria sebagai hewan qurban.

Selain itu pemeriksaan juga melihat kondisi bola mata tidak cacat atau buta, telinga hewan qurban tidak cacat serta tertis harus dua dan hal tersebut menjadi syarat menjadi hewan qurban.

“Mulai besok kami akan keliling untuk melakukan pemeriksaan setiap hewan qurban yang ada di Kota Banjarmasin, menurut informasi yang kami peroleh besok baru masuk lagi,”jelasnya.

Sementara itu permintaan masyarakat terhadap hewan qurban sangat tinggi sehingga penjualan hewan qurban pada tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Saat ini penjualan meningkat sekitar 20% dari tahun sebelumnya, dari 100 ekor sapi yang di datangkan, tinggal sedikit saat ini,” ucap Hidayatullah salah satu juragan sapi.

Yudha/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here