Genjot Devisa Ekspor Bea Cukai Kalbagsel Terbitkan Skep Fasilitas PLB

0
4 views

Pemerintah gencar menggalakkan ekspor guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah memberikan fasilitas fiskal bagiperusahaan orientasi ekspor. Bea Cukai Kalbagsel di Banjarmasin sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assistance, pada hari Rabu 14 Agustus 2019, Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalbagsel menerbitkan Skep Fasilitas PLB (Pusat Logistik Berikat) kepada PT Sime Darby Oils Indonesia.

Pusat Logistik Berikat merupakan salah satu fasilitas kepabeanan yang diberikan oleh Bea Cukai kepada stakeholder yang berupa penangguhan BM dan PDRI. Pemberian fasilitas PLB diharapkan dapat menurunkan biaya logistik sehingga aktivitas perdagangan internasional lebih efisien serta menjaga ketersedian bahan baku secara cepat dan murah.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Kalbagsel HB Wicaksono berpesan agar dengan fasilitas PLB yang diterima oleh PT Sime Darby Oils Indonesia, dapat menimbulkan multiplier effect yang positif berupa peningkatan ekspor, naiknya devisa negara, terciptanya lapangan kerja, peningkatan investasi yang bermuara pada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Devisa hasil ekspor harus dipastikan masuk ke Indonesia,” tegas Wicaksono.

PT Sime Darby Oils Indonesia bergerak di bidang usaha perdagangan komoditi CPO dan CPKO berorientasi ekspor yang berada di Kabupaten Kotabaru dengan kapasitas tanki 24.000 MT, setelah menjadi PLB perusahaan akan dapat melayani transaksi sekitar 180.000 MT per tahun.

Bagus Sulistijono selaku Kepala KPPBC TMP C Kotabaru menyatakan, bahwa kemudahan yang diberikan oleh Bea Cukai harus tetap dibarengi dengan pengawasan, antara lain dengan mendayagunakan IT Inventory dan CCTV yang bisa diakses oleh petugas Bea Cukai sepanjang 24 jam.

Sementara itu Mohd Hamdi Abd Karim, Head of PT Sime Darby Oils Indonesia mengapresiasi pelayanan Bea Cukai Kalbagsel. “Mudah dan Cepat proses persetujuan permohonan fasilitas PLB, kurang dari 1 jam setelah kami presentasi dihadapan Kakanwil Bea Cukai Kalbagsel beserta jajaran dan pegawai Kanwil DJP Kalselteng, kami mendapat Skep
Fasilitas PLB,” ujarnya.

“Dengan cash flow yang lebih baik, perusahaan diharapkan berkembang dan mampu menyerap tenaga kerja di lingkungan sekitar,” tambahnya.

ida/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.