JNE Berdayakan UKM Daerah Berkembang di Pasar Digital

0
10 views

BANJARMASIN –Sebagai bentuk dukungan terhadap pertumbuhan UKM di Kalsel.  JNE menggandeng Kompasiana menggelar JNE Kopiwriting UKM Lokal di Pasar  Digital yang digelar di Eatboss Banjarmasin Kamis (22/8). Kegiatan JNE Kopiwriting di Kota Banjarmasin merupakan kegiatan ketiga setelah JNE sukses menggelar Kopiwriting di Kota Bandung dan Padang. Selanjutnya, Kopiwriting juga akan digelar di Kota Malang, Yogyakarta dan Cirebon.

“UKM yang sudah bekerjasama dengan JNE sangat banyak. Dengan perkembangan di era digital dan dukungan berbagai pihak, kami harapkan jumlah pelaku UKM terus bertambah serta bisnis mereka dapat semakin maju kedepannya,” ujar Depi Hariyanto, Pimpinan Cabang JNE Banjarmasin usai acara di Eatboss Banjarmasin, Kamis (22/8).

Kata Depi,  acara ini bertujuan membantu pelaku UKM untuk berkembang. Mengedukasi pelaku UMKM untuk menjadi vendor Pesona JNE agar produk UKM lokal dapat dipromosikan lebih luas ke seluruh Indonesia.

Ada juga JNE Trucking (JTR) yang merupakan layanan pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk dengan harga yang kompetitif, serta pelatihan gratis seputar strategi digital marketing dan packaging.

“Tingginya pertumbuhan UKM di Banjarmasin mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak. Upaya meningkatkan daya saing UKM lokal dilakukan dengan mengajak para pelaku usaha untuk go digital,” ujarnya.

Menurut Depi, dengan digitalisasi, promosi produk – produk yang dihasilkan dapat terdorong, sehingga UKM lokal terus bersaing dalam era industri 4.0, serta menjadikan produk go national bahkan intetnational.

“Kota Banjarmasin merupakan salah satu daerah yang berpotensi sebagai gerbang kegiatan ekonomi nasional. Hal tersebut karena kota ini terletak di Pulau Kalimantan yang berada di tengah Indonesia dan memiliki akses sebagai pintu keluar masuk bagi kegiatan perekonomian di Pulau Kalimantan,” paparnya.

Data terakhir yang kami peroleh dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Banjarmasin, kota ini memiliki 2.072 UKM yang didominasi oleh sektor Kuliner.

Dalam kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara diantaranya Owner Rumah Makan Raja Banjar Sambal Acan, Aulia Abdi, Asisten II Bidang Ekonomi Pemko Banjarmasin Doyo Pundjadi dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Banjarbaru, Muhammad Rustam.

Rel/Ida/IB

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here