“Pemko Banjarmasin Selalu Libatkan Masyarakat Sebelum Keluarkan Kebijakan”

0
7 views

Banjarmasin – Masyarakat dilibatkan dalam pengambilan kebijakan berbasis data oleh pemerintah daerah agar semua aspirasi dan laporan yang didapat menjadi langkah awal dalam pengambilan kebijakan.

Laporan masyarakat terhadap Pemerintah Daerah terkait pembangunan dengan hal apapun akan ditindaklanjuti untuk melakukan kebijakan yang menguntungkan bagi semua kalangan.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengatakan usulan aspirasi berdasarkan bukti akan ditindaklanjuti dalam pengambilan keputusan (26/8/19).

“Misalnya Dinas PUPR, berartikan tentang infrastruktur, tindaklanjuti adalah berdasarkan aspirasi tersebut kita mengambil kebijakan tentang program pembangunan infrastruktur daerah,” ucapnya.

Ia juga membeberkan terkait laporan yang ada di dinas lainnya memang harus berdasarkan bukti dan data dari masyarakat sehingga pemerintah daerah bisa mengeluarkan kebijakan yang tepat untuk masyarakat.

“Kita menganalisis setiap laporan yang ada, menuangkan dalam kebijakan baik berupa Peraturan Daerah , Surat Keputusan, dan program dari Pemerintah Daerah yang harus dilakukan,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kassubag Pengelolaan Lapor Baiman, Bagian Humpro Setdako Banjarmasin, Novri Gita, workshop ini bertujuan untuk pembuatan kebijakan berbasis bukti. “Jadi pembuatan kebijakan itu berdasarkan dari bukti-bukti laporan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu pemateri yang dihadirkan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk menyampaikan tatacara mengambil kebijakan berbasis data, sehingga semua instansi dapat mengetahui langkah-langkah kebijakan yang harus dilakukan.

yudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here