Soal Insiden Papua di Surabaya, Mahasiswa Kalsel Tuntut Diusut Tuntas

1
6 views

Banjarmasin – Sejumlah mahasiswa di Kalimantan Selatan menyikapi soal gejolak yang terjadi antara mahasiswa Papua dengan aparat keamanan yang terjadi di Surabaya beberapa hari lalu.

Sikap tersebut dituangkan dalam diskusi yang digelar oleh kelompok mahasiswa Cipayung Plus dan Ikatan Mahasiswa Papua Kalsel.

Poin dari sikap diatas adalah menuntut agar pihak Kepolisian mengusut tuntas atas kejadian yang dialami mahasiswa Papua, agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali.

Ketua GMNI Kota Banjarmasin, Ridho AGD, mengatakan walaupun aktor dari kejadian itu sudah tertangkap, kita berharap agar Kepolisian bisa profesional melakukan tindakan yang serius (24/8/19).

“Setelah kejadian di Surabaya, terjadi lagi tindakan tersebut dilakukan di Makasar, kita berharap kejadian itu tidak terjadi lagi di Banjarmasin,” ucapnya.

Ia juga mengharapkan seluruh elemen-elemen masyarakat tidak memperkeruh suasana yang terjadi dengan memilah setiap informasi.

Hal senada juga di ungkap oleh Ketua IMM Kota Banjarmasin, Laili mas’rurri, bahwa siapapun mahasiswa yang ada di Kota Banjarmasin bisa terjamin keselamatannya dengan aman dan tentram.

“Lebih khusus teman-teman kita asal Papua bisa tinggal di Banjarmasin, tidak hanya teman-teman kita asal Papua tetapi semua teman pendatang bisa tinggal dengan aman dan bisa pulang dengan selamat serta dapat membangun daerah asalnya, pesan itu yang ingin kita sampaikan kepada Indonesia ” ujarnya.

Sekretaris KNPI Kota Banjarmasin, Muhazir Fanani, mengatakan dengan usia Republik Indonesia yang semakin bertambah menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara harus lebih diutamakan.

“Pemuda sebagai ujung tombak kehidupan berbangsa dan bernegara diawali oleh pemuda sebagai generasi penerus dalam merealisasikan keutuhan keutuhan berbangsa dan bernegara,” bebernya.

Ia juga mengharapkan kejadian terhadap mahasiswa asal Papua di Surabaya tidak terjadi di Kota Banjarmasin, menciptakan rasa damai dan rasa tentram bagi mahasiswa Papua yang ada di Kota Banjarmasin.

Sementara itu keutuhan berbangsa dan bernegara akan selalu ada oknum yang akan memecah-belah. Oleh karena itu Mahasiswa harus selalu siap untuk mempersatukan kedaulatan.

Adapun Organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Kota Banjarmasin terdiri dari PMII, IMM, GMNI, GMKI, KAMMI, HMI, dan Ikatan Mahasiswa Papua Kalsel bersatu dalam keberagaman untuk menjaga keutuhan Republik Indonesia.

yudha

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here