Lokasi Upacara Pembukaan TMMD 106 Mencapai 90 Persen

0
11 views

PARINGIN – Progres penyiapan tempat upacara pembukaan TMMD 106 di Lapangan Halong sudah mencapai 90 persen. Hal ini berkat sinergitas dengan masyarakat dan Kecamatan Halong yang turut membantu demi kelancaran acara pembukaan.

Bahkan sebelumnya persiapan pembukaan  Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-106 di Dusun Libaru Sungkai Desa Binuang Santang yang jadi lokasi pembangunan. Juga didukung siswa sekolah mulai siswa SD-SMP turut berpartisipasi membantu membersihkan lapangan menyiapkan lapangan untuk pembukaan.

Siswa sekolah tampak bersama personel Kodim 1001/Amuntai-Balangan antusias gotong rotong membersihkan rumput sekitar lapangan, Senin (30/9).

Seperti diberitakan, kini personel TMMD 106 sudah sanggup melakukan proses progres clearing jalan desa sepanjang 1,5 kilometer lebih. Yang diperlukan untuk peningkatan jalan dengan beton sepanjang 3.550 meter.

 

“Personel TMMD 106 Dusun Libaru Sungkai Kamis (26/9) sudah melakukan progress clearing jalan desa sepanjang 1,5 kilometer,” kata Perwira Penghubung Kodim 1001 Amuntai-Balangan Mayor Infanteri  Muhammad  Chairul.

Kata Chairul, TMMD) ke 106 di Dusun Libaru Sungkai Desa Binuang Santang mengerjakan akses jalan yang didambakan warga.  Sebab selama ini jalan penghubung antar desa tersebut belum tersentuh pembangunan. Yang lokasinya berada di ujung dari Kecamatan Halong.

“Saat ini satu kompi personel TNI yang sudah ditempatkan di Dusun Libaru Sungkai terus melakukan persiapan pra TMMD seperti orientasi lokasi, pengumpulan material seperti kayu, batu dan lain-lain,” paparnya.

 

Salah satu warga Ijai yag rumahnya dekat dengan lokasi TMMD mengaku senang dan bersyukur Kodim 1001/Amuntai-Balangan menggelar kegiatan ini. “Syukur Alhamdulilah, para tentara dari Kodim membantu memuluskan akses jalan bagi warga. Semoga segera selesai dikerjakan dan bisa dinikmati warga,” katanya dengan mata berbinar tanda senang.

Rencananya, TMMD 106 akan meningkatkan jalan dengan beton sepanjang 3.550 meter. Dari induk Desa Binuang Santang ke Dusun Libaru Sungkai. Karena saat ini kondisi jalan hanya berupa hamparan tanah merah dan sedikit pengerasan dari batu. Jadi ketika hujan, sepanjang jalan yang membelah hutan ini akan becek dan berlumpur.

 

Untuk proyek pengerjaan lainnya, direncanakan bedah rumah tidak layak huni sebanyak 2 unit, dan satu rehab masjid.

Kegiatan Pra TMMD ini sendiri dimulai sejak 23 September hingga 1 Oktober 2019, sedangkan untuk pelaksanaan TMMD ke 106 akan dilaksanakan selama 30 hari, dari 2 Oktober hingga 31 Oktober 2019. Dengan menurunkan sebanyak 110 personil gabungan dari TNI dan Polri.

Aldi Fachrisaldi Putera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.