Banjarmasin Kota Pertama di Indonesia yang Mampu Kelola Air Limbah Menjadi Air Bersih

0
24 views

BANJARMASIN – Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengklaim, tehnologi pengolahan air limbah diubah menjadi air bersih layak minum yang selama ini dilakukan Pemko Banjarmasin merupakan yang pertama di Indonesia.

“Kota Banjarmasin jika berbicara keunggulan tentang pola pengolahan air limbah, tentu saja Kota Banjarmasin sangat diakui. Sebab satu-satunya dan pertama di Indonesia yang mengolah air limbah menjadi air yang layak pakai dan itu cuma ada di Banjarmasin,”  katanya usai pembukaan acara City Sanitation Summit XIX, di depan Menara Pandang Siring Tendean, Senin malam (23/9).

Kata Ibnu, beberapa daerah dalam ajang ini akan memberikan paparan soal sanitasi. Beberapa daerah yang jadi nominasi tuan ruma City Sanitation yaitu Tangerang, Bangka Belitung dan Kota Malang. “Salah satu dari mereka akan menjadi pemateri untuk pembahasan komitmen 100% pengurangan air limbah yang dilaksanakan Selasa (24/9) di  Ratta Inn,” katanya.

Menurut Ibnu, puncak acara akan dibuka kementerian dari Bappenas, Kemendagri, dan Kementerian Kesehatan yang akan mempromosikan deklarasi penumpasan terhadap komitmen 100% air limbah.

“Kami berharap dengan tampilnya 4 orang bupati dan wali kota yang kita kategorikan sebagai best practice di masing-masing kota dan kabupatennya. Jadi pemicu dan motivasi untuk daerahnya masing-masing untuk memperhatikan sanitasi air limbah dan sebagainya,” tegasnya.

Kegiatan sanitasi summit ini dihadiri Asisten III Bidang Pemerintahan Heriasyah, 231 utusan dari kabupaten/kota.

Febri Akip Ramadani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here