Gapoktan Desa Danda Jaya Rantau Badauh Batola Jaga Kekompakan dan Kebersamaan

0
8 views

 

MARBAHAN- Kelompok tani pada dasarnya adalah organisasi nonformal diperdesaan yang ditumbuh kembangkan ” dari, oleh dan untuk petani “dengan ciri–ciri Saling kenal, akrab dan saling percaya diantara sesama anggota.

Mempunyai pandangan dan kepentingan yang sama dalam berusaha tani. Memiliki kesaamaan dalam tradisi dan atau pemukiman, hamparan usaha, jenis usaha, status ekonomi maupun sosial, bahasa, pendidikan dan ekologi.

Seperti halnya Gapoktan Timbul Jaya Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh semakin berkembang pertanianya. Hal ini karena prinsip kebersamaan dan gotong royong masih melekat.

“Kami selalu mendapatkan bantuan  dari Dinas Pertanian Kalsel, selama ini jika ada persoalan para petani yang tergabung di Gapoktan Timbul Jaya langsung mengajukan ke dinas pertanian,” kata Ketua Gapoktan Timbul Jaya, Senen Toro, Senin (16/9).

Kata Senentoro, berkat kerjasama dan menunjukkan kinerja yang baik dinas pertanian sudah memberikan bantuan peralatan pertanian jonder sebanyak 6 unit pada tahun 2019 lalu dan tahun 2018 juga dibantu traktor dan mobil angkut  jenis komben– alat panen padi modern.

Menurut Senentono, adapung keunggulan Gapoktan dibidang pertanian dan pengolahan, mengadakan penyuluhan tentang pertanian khususnya budidaya tanaman pangan. Mengadakan pelatihan tentang pengolahan hasil pertanian.

 

sarman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here