Kemensos RI Puji Pola Kabupaten Tabalong Mensejahterakan Rakyatnya

0
8 views

 

Tabalong – Pemerintah Kabupaten Tabalong terus berupaya melakukan upaya guna menekan angka kemiskinan. Upaya tersebut mendapat pujian langsung dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Direktur Penanganan Fakir Miskin wilayah II Kemensos RI, I Wayan Wirawan, mengatakan melihat dari komitmen Pemerintah Kabupaten Tabalong dan fakta yang terjadi di lapangan dinilai sangat bagus.

Karena, kata dia, hanya Kabupaten Tabalong yang mengeluarkan dana daerah untuk menambah dana bantuan dari pusat.  Dan itu, menurut dia, tidak pernah terjadi di daerah lain.

“Saya yakin pola yang dilakukan Bupati Tabalong dalam menekan angka kemiskinan berhasil. Karena perhatian bupati dalam melakukan langkah-langkah untuk sharing budget dengan pemerintah pusat. Seperti pusat memberi bantuan pangan non tunai (BPNT) dengan nilai 110 ribu rupiah, beliau juga melalui APBD juga memberikan dengan nilai yang sama. Itu kan perhatian yang luar biasa,” jelasnya

Ia membeberkan, tahun depan Kemensos RI akan menambah BPNT yang sebelumnya Rp110 ribu menjadi Rp150 ribu.

“Meskipun kabupaten Tabalong juga memberikan ataupun menambah bantuan melalui dana APBD, Kemensos tidak akan mengurangi bantuan tersebut. Malah tahun 2020 akan kita tambah Rp40 ribu menjadi Rp150 ribu,” tegasnya.

Dari data Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, jumlah penerima KPM yang bersumber dari pemerintah pusat sebanyak 9.372. Sedangkan dari Pemerintah Daerah 3.409.

Namun KPM yang tidak masuk data penerima dari pusat sebanyak 3.409 itu pemerintah daerah membantu sebesat Rp220 ribu.

Erwin Apriadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.