LP3 Persiapkan Dosen ULM Hadapi Kuliah Daring

0
21 views

Banjarmasin – Dalam rangka menyamakan persepsi mengenai manajemen pengelolaan E-Learning yang tepat di lingkungan universitas. Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Lambung Mangkurat (LP3 ULM)  menyelenggarakan kegiatan workshop dengan tema “E-Learning Tingkat Dasar” pada 10 s.d 11 September 2019 yang dilaksanakan di Aula LP3 ULM, Selasa (10/9/2019). 

 

Kegiatan dibuka Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ir. H. Achmad Syamsu Hidayat, M.P serta dihadiri Ketua LP3 Dr. Ir. Gusti Rusmayadi, M.Si., Sekretaris LP3 Dr. Arif Sholahuddin, S.Pd., M.Si, Narasumber M. Itqan Mazdadi S.Kom., M.Kom (Admin E-Learning ULM) dan dosen peserta.

 

Dalam sambutannya Ketua LP3 Dr. Ir. Gusti Rusmayadi, M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan sistem perkuliahan secara daring. Kedepannya porsinya 40% daring dan 60% tatap muka. Target 40% perkuliahan secara online memiliki dampak banyak hal yang harus kita siapkan seperti materi, kuis, proses tanya jawab, dan hal lainnya.

 

Persiapan menjadi penting karena meski dilakukan secara daring, perkuliahan harus tetap berkualitas. Beliau berharap kegiatan yang dirancang selama dua hari bisa menghasilkan satu mata kuliah yang sudah sesuai standar perkuliahan online dari tiap peserta.

 

Dalam sambutannya Wakil Rektor Dr. Ir. H. Achmad Syamsu Hidayat, M.P mengatakan bahwa E-Learning merupakan salah satu indikator yang kita tetapkan dan rintis sejak proyek 7in1. Saat itu kita hanya menargetkan 5 mata kuliah sudah menjalankan perkuliahan dengan E-Learning, namun kita berhasil melampaui target tersebut. Hal tersebut tentu awal baik bagi kita, apalagi kita juga memiliki target dimana kedepannya 40% pembelajaran sudah secara daring.

 

Wakil Rektor juga berharap kita tidak hanya mengejar kuantitas dosen yang sudah melakukan proses belajar secara daring, tapi juga kualitas yang sesuai dengan kaedah dan peraturan yang ada. Beliau melihat kegiatan ini perlu terus berlanjut untuk mempermudah dan meningkatkan proses pendidikan di ULM. Setelah dibuka oleh Wakil Rektor, kegiatan dilanjutkan dengan materi yang disampikan oleh narasumber. (Humas ULM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here