Mobil Angkutan Luar Kota Banjarmasin Harus Memiliki Izin Operasi

0
24 views

Banjarmasin – Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin lakukan rajia terhadap kelayakan dan kelengkapan surat mobil angkutan barang di jalan Anang Adenansi Rabu (11/9).

Rajia tersebut berhasil menjaring puluhan angkutan barang baik truck maupun pickup yang tidak memiliki kelengkapan surat, kebanyakan pelaku yang terjaring dalam rajia tidak memiliki surat KIR dan tidak bisa menunjukkan surat-surat kelengkapan mobil.

Kepala Bidang Angkutan , Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Kusmarini, SE,ME, mengatakan rajia pada hari ini untuk menciptakan kelayakan kendaraan.

“Maksudnya itu, supaya surat-surat mereka lengkap, seperti surat KIR, SIM dan BPKB,” ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan bagi mobil angkutan barang luar Kota Banjarmasin harus melakukan retribusi kepada Banjarmasin karena memakai fasilitas yang ada.

“Sesuai dengan Perda No 4 tahun 2008 mengenai retribusi izin angkutan umum dijalan ,” jelasnya.

Adapun retribusi angkutan umum yang harus dibayar, untuk pickup yang GT kurang dari 1 ton sebesar Rp 50.000, Trayek GT 1 sampai 5 ton Rp 75.000 sedangkan GT diatas 5 ton Rp 100.000 berlaku sampai dengan 3 bulan.

“Untuk yang belum mempunyai surat izin operasi di Kota Banjarmasin, kita bikinkan langsung dan masuk ke PAD Dishub,” tambahnya.

Sementara itu bagi yang tidak memiliki kelengkapan surat lainnya akan dilakukan penilangan terhadap angkutan tersebut.

yudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here