Polda Kalsel Sudah Tangkap 20 Pelaku Karhutla

0
2 views

BANJARMASIN – Ada 20 pelaku telah diamankan di satuan Polres masing-masing masih dalam proses penyelidikan hingga sudah ada yang dijadikan sebagai tersangka dalam kasus karhutla termasuk di antaranya dua korporasi. Selama dua bulan ini, Satgas Karhutla dipimpin Kasad Brimod dan Dir Shabara, data dari Biro Operasi sudah masuk, baik di Polda maupun jajarannya ada 200 kejadian. Data terakhir dari Polres Kandangan, Polres Balangan, Polres Tala dan Polres HST.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Kalsel Kombes Pol M Rifa’i, Selasa (24/9/2019)  dalam acara silaturahmi bersama awak media cetak, elektronik maupun media online.

“Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Polda Kalsel sudah bertindak tegas terhadap pelaku karhutla yang tersebar di 13 kabupaten dan kota di Kalsel,” ungkapnya.

Menurut Rifa’i, para pelaku karhutla bisa dijerat dengan Pasal 188 KUHP dengan ancaman hukuman 6 sampai 10 tahun penjara.

“Untuk kebaikan bersama mengimbau agar masyarakat jangan melakukan pembakaran lahan dan hutan, apapun itu alasannya. Sebab sangat berdampak besar dan merugikan orang lain dan menganggu kesehatan karena pencemaran udara akibat asap pembakaran,” katanya.

ida/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here