Rektor ULM Akan Beri Reward Dosen dan Mahasiswa Berprestasi

0
15 views

BANJARBARU – Diesnatalis ke-61 tahun ULM di selenggarakan pada sidang Senat Terbuka di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, Senin (23/9/2019). Lebih dari 30 dosen dan puluhan mahasiswa yang diberikan penghargaan di acara Diesnatalis ULM. Baik dosen yang berprestasi jurnal ilmiah dan penemuan hak paten dan prestasi yang mengharumkan nama naik ULM. Pemberian reward atau penghargaan kepada Dosen dan Mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik.

Dikatakan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof Sutarto Hadi, pemberian reward tersebut merupakan wujud mengapresiasi terhadap kinerja para dosen di jajarannya yang dianggap luar biasa, terutama dalam bidang penelitian dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat, serta inovasi dan paten yang mereka hasilkan.

“Kita akan terus motivasi kepada dosen dan jurusan yang aktif dalam penulisan jurnal ilmiah, dan prestasi yang membanggakan ULM lainnya,” jelas Sutartu Hadi.

Sutarto memaparkan, dalam bidang penelitian, sebanyak 71 dosen ULM mendapatkan dana riset yang berasal dari Ditjen Risbang Kemenristik Dikti sebesar Rp 4,9 miliar. Ditambah dana riset pihak ketiga mencapai Rp27 miliar yang melibatkan 617 dosen.

“Dua penelitian juga telah dikeluarkan beberapa fakultas untuk dosen ULM lebih dari Rp3 miliar, dengan harapan dana riset sebesar itu bisa mendorong peningkatakan publikasi dan inovasi yang hasilnya bisa kita petik tahun 2020 nanti,” terang Sutarto.

Sutarto menjelaskan, ULM terus mendorong para dosen mengikuti ajang ilmiah internasional bagi dosen yang sedang mempersiapkan diri menjadi professor. semakin banyak dosen tersebut jurnal internasional yang diterbitkan, otomatis kualitas tenaga pendidik ULM semakin berkualitas.

ULM terus mendorong lanjut Sutarto, para dosen untuk mencapai jabatan akademik tertinggi sebagai profesor. semakin banyak guru besar akan samakin meningkat kinerja lembaga. ULM bertekad minimal ULM  satu prodi minimal satu guru besar terus kita gaungkan.

Sutarto mengungkapkan, ULM untuk pertama kali memberikan gelar dokter kehormatan kepada Nico Roozen dari Belanda selaku pendiri Solidaridad, sebuah lembaga swasta internasional yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat. Lembaga ini telah membantu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani di lebih 40 negara selama 50 tahun terakhir.

“Tidak hanya dosen, mahasiswa ULM juga mendapat apresiasi rektor, karena banyak diantara mereka berhasil menunjukan performa luar biasa melalui ajang nasional maupun internasional, pameran di Filipina dan Thailand. Posisi ULM masuk sebagai 100 Universitas terbaik di Indonesia, namun posisi ULM dinilai menurun.

“Akan menjadi catatan kritis kita untuk berbenah ke depannya, terkait posisi menurun ini,” ujar Sutarto.

Sementara Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang berhadir di Diesnatalis, memberikan bantuan kepada ULM total sebesar Rp4,8 miliar.

Ini sebuah prestasi, Universitas ULM sudah akreditasi A, kita berharap ULM terus berkreasi dan bisa melahirkan lulusan yang berkualitas,” ujar Paman Birin panggilan akrab Sahbirin Noor.

Ida/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here