Tingkatkan Minat Baca, Mobil Perpustakaan Kelililing Dispersip Kalsel Kunjungi Hulu Sungai Selatan

0
3 views

 

BANJARMASIN.- Kehadiran mobil perpustakaan keliling  di lokasi acara perlombaan badandang atau permainan layang layang di Desa Baru Kecamatan Sungai Raya, Padang Parangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, mendapatkan sambutan antusias yang sangat baik dari warga setempat, kususnya oleh anak anak, Jumat (27/09).

Dua buah mobil minibus perpustakaan keliling, yang berisikan buku bacaan untuk anak ini berkunjung kelokasi dilaksanakannya perlombaan bedandang, sebagai salah satu upaya pemerintah melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispersip)  Kalsel  untuk meningkatkan minat baca masyarakat sejak usia dini.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor , yang sempat berhadir dalam acara bedandang tersebut, juga menyempatkan berinteraksi dan mengajak warga untuk gemar membaca, guna meningkatkan  kwalitas generasi mendatang, karena dengan tumbuhnya minat baca dari berbagai sumber ilmu, maka akan memperluas pengetahuan.

Muhtasar, Ketua Panitia Pelaksanaan Bedandang mengaku sangat senang dengan kedatangan perpustakaan keliling kedesanya,  dan berharap desanya dapat kembali dikunjungi oleh tim dari dispersip provinsi kalsel guna menumbuhkan budaya membaca pada warganya.

“Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih atas kedatangan mobil pustling, untuk partisipasinya dalam memeriahkan acara  badandang pada hari ini,  datangnya 2 unit mobil perpustakaan keliling provinsi kalimantan selatan  langsung diserbu oleh anak-anak,” katanya.

Anak-anak, kata dia, mengaku terkesan setelah selesai membaca. Apalagi seteah itu langsung diberikan 1 buah buku yang bergambarkan Sahbirin Noor Gubernur Kalsel,  sebagai kenang-kenangan. Warga berharap mobil pustling bisa datang kembali di lain waktu.

Anak anak dan pelajar begitu antusias untuk membaca, berbagai buku pengetahuan dan buku cerita menjadi pilihan  bacaan, bahkan anak anak yang belum bisa membacapun turut menyemarakkan kedatangan mobil perpustakaan keliling ini, walau cuma melihat gambar dibuku telah  membuat mereka bahagia.

Fatimah mukhtasar , salah satu warga desa baru mengatakan sangat senang dengan  kedatangan mobil perpustakaan keliling ini, karena sangat membantu anak didesanya untuk mendapatkan bacaan yang sesuai dengan usia mereka.

Terlebih usai membaca, anak anak  mendapatkan satu buah buku gratis bergambarkan gubernur kalimantan selatan syahbirin noor, dari tim dispersipprov kalsel sebagai kenang kenangan.

“Perpustakaan keliling disambut antusias oleh warga desa baru terutama para pelajar. Perpustakaan keliling mampu merangsang minat baca masyarakat, baik itu pelajar maupun masyarakat secara umum. Kami berharap agar bisa sering kedatangan perpustakaan keliling sehingga tumbuh budaya membaca buku pada masyarakat kami” pungkasnya.

Febri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here